Ibu Julie Sutardjana Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia

Odilia WS - detikFood Senin, 06 Jul 2020 09:00 WIB
Ibu Julie Sutardjana Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia Foto: Dok. Gagas Ulung
Jakarta -

Berusia 98 tahun Ibu Julie Sutardjana masih menulis resep dan memasak. Ia menjadi wanita penulis buku resep masakan dan kue tertua di Indonesia.

Bagi mereka yang senang memasak tentu nama Julie Suradjana sudah tidak asing lagi. Paling tidak kini banyak ibu muda yang masih mewarisi buku masak Pandai Memasak dari ibu mereka. Serial buku memasak Pandai Memasak merupakan andalan para ibu Indonesia di era 60 an.

Kini Ibu Julie Sutardjana masih aktif menulis resep dan memasak. Masih sehat meskipun mengalami sedikit gangguan pendengaran. Lebih dari 6 dekade menulis resep masakan dan kue. Delapan tahun lalu saat berusia 90 tahun mendapat penghargaan MURI sebagai penulis dan pencipta resep masakan dan kue tertua di Indonesia.

'Kalau gudeg ada mbah Lindu di Yogyakarta maka kalau menulis resep ada Ibu Julie,' komentar William W.Wongso dalam IGLive di akun Instagramnya Sabtu (4/7).

Ibu Julie Sutardjana Penulis Buku Resep Tertua di IndonesiaIbu Julie Sutardjana Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia Foto: IG @william_wongso_kuliner



Tampak Ibu Julie didampingi putra bungsunya Kukun. Terlihat lancar berkomunikasi dan segar bugar. Pertama kali menulis resep pada tahun 1951. Bermula dari kegemarannya mengikuti resep-resep di Star Weekly.

'Karena menurut saya kurang bagus resep-resepnya saya suka ngomel-ngomel. lalu suami saya menantang untuk menulis resep di Star Weekly,' cerita wanita kelahiran Lasem, 25 Mei 1922 ini.

Sejak saat itu ia rutin menulis resep seminggu sekali, satu artikel 4 resep dan hanya resep dan tanya jawab pembaca. Untuk itu ia menerima honor Rp 75 per artikel. Hingga saat ini wanita yang dilahirkan dari keluarga perajin batik di Lasem ini sudah menerbitkan 50 judul buku dan sebagian besar diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Awalnya resep-resep ditulis rapi dengan pensil dalam buku bersampul. Semuanya hingga kini masih didokumentasinya dengan rapi dan baik. Lalu resep apa yang pertama kali ditulis?

'Saya tidak ingat resepnya. Tapi resep kedua Gado-gado Jakarta, kemudian Besengek Daging, Sate Daging, Sayur Lodeh Betawi," ungkapnya.

Menulis resep untuk rubrik dapur Star Weekly ia memakai nama samaran Nyonya Rumah hingga tahun 1961. Kemudian dilanjutkan di Mingguan Jaya hingga tahun 1971. Setelah itu ia mengisi rubrik Dapur Kita di harian Kompas Minggu di akhir pekan.

Buku resep pertama berjudul 'Belajar Memasak dengan Nyonya Rumah' diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama tahun 1975. Dalam buku resep ini Ibu Julie menuliskan 500 resep. Setelah itu disusul dengan buku-buku masak lain dengan tema masakan berbeda.

Menandai usia 90 tahun, pada tanggal 25 Mei 2012, diterbitkan buku berjudul '250 Resep Hidangan Pilihan Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana oleh Gramedia Pustaka Utama. Agak berbeda dari buku-buku masak pada umumnya, buku ini dilengkapi biodata Julie Sutardjana.

Ibu Julie Sutardjana Penulis Buku Resep Tertua di IndonesiaIbu Julie Sutardjana Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia Foto: IG @william_wongso_kuliner



Dalam IGLive #Ngintip Kuliner bersama William Wongso, ibu Julie memperlihatkan pembuatan Sup Tahu Telur yang dilakukan di dapur rumahnya di Bandung. Persiapan bahan-bahan dilakukan dengan saat rapi.

Dengan sigap, ia membuat adonan udang yang diaduk dengan tepung terigu dan kanji serta telur. Adonan inipun dimasukkan ke dalam kantong plastik, digunting ujungnya lalu digoreng memanjang hingga kecokelatan. Tak terlihat canggung ataupun gugup, semuanya dilakukan dengan lancar.

Demikian juga saat membuat sup, dengan runut bahan-bahan seperti ayam yang dipotong kecil, tahu yang dipotong kecil, telur kocok dimasukkan ke dalam kaldu ayam yang didihkan. Setelah semua bumbu dan bahan dimasukkan, ia tak lupa mencicipi supnya.

'Kebiasaan ibu Julie kalau memasak selalu mencicipi masakannya,' ungkap Pak William yang pernah diajak masak bareng di dapurnya yang sederhana dan rapi.

Untuk memuaskan para penggemarnya, ibu Julie Sutardjana juga membuka restoran 'Kedai Nyonya Rumah' yang ada di Jl. Naripan dan Trunojoyo pada tahun 1999. Puluhan masakan yang disajikan di restoran ini ada yang ditulis dalam buku resepnya. Ia masih ikut mengontrol kualitas masakan di restorannya.





Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)