Inilah 3 Buku Masak Paling Tua di Indonesia

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 19:30 WIB
buku masak tertua di Indonesia Foto: istimewa
Jakarta -

Jutaan judul buku masak kini bisa ditemui dengan mudah di toko buku. Tapi tahukah kamu siapa penulis buku masak pertama di Indonesia?

Buku masak seolah jadi panduan saat membuat masakan. Saking banyaknya kuliner Indonesia, tak heran kalau banyak orang sering lupa bumbu atau bahan dalam racikan masakan.

Buku masak biasanya berisi resep, takaran bahan, cara pengolahan hingga cara penyajian. Di Indonesia, tidak banyak buku masak peninggalan leluhur yang masih abadi hingga kini. Beberapa buku masih terjaga keasliannya, namun banyak yang hilang dan terbengkalai.

Buku masak sebenarnya sangat penting sebagai acuan untuk menghidangkan masakan tradisional agar rasanya autentik dan sesuai standar. Beberapa orang diketahui sudah menulis buku sejak puluhan tahun lalu.

Berikut beberapa buku masak kuno yang memuat resep masakan Indonesia.

1. Buku Pandai Memasak (1960)

buku masak tertua di Indonesiabuku masak tertua di Indonesia Foto: istimewa

Buku serial berjudul Pandai Memasak ini ditulis oleh Julie Sutardjana sekitar tahun 1960-an. Julie yang kini berusia 98 tahun bahkan masih aktif mengabadikan resep aneka masakan lewat buku. Buku masak tulisan Julie menjadi pegangan para ibu di tahun 1960an kala ingin membuat masakan atau kue.

Julie tercatat sebagai penulis buku resep masakan dan kue tertua di Indonesia. Usianya yang sudah tak lagi muda tak menyurutkan kegigihannya mengabadikan aneka resep masakan Indonesia agar bisa tetap lestari sehingga bisa dicoba di masa depan.

Saat usia Julie menginjak 90 tahun atau sekitar delapan tahun lalu, wanita yang masih tampak bugar ini mendapat penghargaan MURI sebagai penulis dan pencipta resep masakan tertua di Indonesia. Julie mulai menulis pada tahun 1951 dan kini sudah ada 50 judul buku masak dengan ribuan resep di dalamnya.

Karena resep yang ditulis jumlahnya sudah ribuan, Julie tak ingat resep apa yang pertama kali ia tulis. Namun dalam IGLive bersama William Wongso (4/7) Julie ingat resep kedua yang ia tulis adalah gado-gado Jakarta, kemudian besengek daging, sate daging serta sayur lodeh betawi.

Baca juga : Ibu Julie Sutardjana Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia

Selanjutnya
Halaman
1 2 3