Rahasia Pola Makan Sehat Orang Korea yang Bikin Awet Muda

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 04 Nov 2021 10:30 WIB
Pola Makan Sehat yang Dijalani Orang Korea Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Telah diketahui kalau banyak orang Korea yang ramping dan awet muda. Tentu saja mereka menjaganya dengan pola makan sehat. Apa rahasianya?

Melihat aktor hingga idol Korea yang memiliki fisik menawan, banyak orang penasaran dengan pola makan yang mereka jalani setiap harinya. Korea Selatan juga diketahui sebagai salah satu negara yang memiliki tingkat obesitas rendah di dunia.

Hampir setiap orang di Korea Selatan menjaga penampilannya. Tak hanya untuk terlihat menarik dipandang, tetapi juga karena faktor kesehatan.

Dilansir dari India.com (21/10), ada beberapa rahasia pola makan sehat yang kerap dilakukan oleh orang Korea. Mereka diketahui senang mengonsumsi sayuran hingga makanan yang difermentasi.

Berikut 4 rahasia pola makan sehat ala orang Korea.

1. Banyak Mengonsumsi Sayuran

Pola Makan Sehat yang Dijalani Orang KoreaPola Makan Sehat yang Dijalani Orang Korea Foto: Getty Images/iStockphoto

Sayuran adalah makanan sehat yang penting untuk dikonsumsi setiap hari. Apalagi untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, karena sayuran mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu dalam sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Ternyata mengonsumsi sayuran juga menjadi kunci pola makan sehat orang Korea. Banyak makanan Korea yang menggunakan sayuran, mulai dari yang mentah hingga sayuran fermentasi.

Baca Juga: Mangut Lele Mbah Marto: Sengatan Pedas Lele Asap Berkuah Merah Legendaris

Contohnya pada Korean BBQ, memang hidangan ini menyajikan daging panggang sebagai makanan utamanya. Namun, ada sayuran seperti selada untuk membungkus daging panggang itu. Orang Korea juga selalu mengonsumsi kimchi yang merupakan sayuran fermentasi.

Ada juga aneka banchan yang terbuat dari sayuran, seperti bayam. Miyeok-guk yang merupakan sup rumput laut tak kalah populer dan menyehatkan untuk dikonsumsi.

2. Rutin Konsumsi Makanan Fermentasi

Pola Makan Sehat yang Dijalani Orang KoreaPola Makan Sehat yang Dijalani Orang Korea Foto: Getty Images/iStockphoto

Makanan fermentasi diketahui baik untuk kesehatan tubuh, karena mengandung bakteri seperti lactobasilus untuk melancarkan pencernaan. Makanan khas Korea banyak yang dibuat dengan cara difermentasi.

Kimchi adalah yang paling umum. Hidangan ini terbuat dari aneka sayuran yang difermentasi dengan campuran saus pedas Korea. Sayuran yang biasa digunakan adalah sawi putih, mentimun, daun bawang, lokio, hingga lobak.

Ada juga doenjang, bumbu khas Korea yang terbuat dari kacang kedelai fermentasi. Hidangan seafood seperti kepiting mentah juga mengalami proses fermentasi sebelum bisa dinikmati.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Makan yang Bikin BB Turun Lebih Cepat

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com