7 Teh Ini Ampuh Untuk Jaga Imunitas Saat Musim Hujan

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 01 Nov 2021 05:00 WIB
teh sereh
Foto: Getty Images

3. Teh Peppermint

Teh peppermint bisa dibuat dengan cara menyeduh daun peppermint maupun menyeduh langsung teh peppermint kemasan yang banyak dijual di toko-toko terdekat. Daun peppermint ini diketahui mengandung beberapa minyak esensial berupa menthol, menthone dan limonene. Kandungan ketiga komponen tersebut dapat dilepaskan setelah daun peppermint diseduh dengan air panas.

Rasa mint yang menyegarkan juga disebabkan dari ketiga kombinasi minyak esensial yang terkandung secara alami dalam daun peppermint yang diolah menjadi teh. Menurut para ahli, konsumsi teh peppermint ini bermanfaat untuk membantu memudahkan masalah pencernaan, meringankan hidung tersumbat, mengatasi alergi cuaca hingga meredakan sakit kepala dan meningkatkan imunitas di musim hujan.

4. Teh Sereh

teh serehFoto: Getty Images

Sereh menjadi bumbu dapur yang diakui oleh ahli mengandung antioksidan, antimikroba hingga antiinflamasi secara alami dalam kadar yang cukup tinggi. Komponen-komponen tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan terutama saat pergantian musim terjadi.

Minum secangkir teh sereh secara rutin juga dikaitkan oleh ahli dapat mengatasi kecemasan yang dialami oleh beberapa orang. Komponen yang lengkap saat diseduh dengan air hangat menjadi kombinasi yang sempurna untuk menjaga kekuatan imunitas tubuh selama musim hujan.

5. Teh Oolong

Teh oolong dikenal sebagai salah satu jenis teh lainnya yang sangat kaya akan kandungan antioksidannya secara alami. Nilai nutrisi yang terkandung di dalam teh oolong diketahui memiliki kadar mineral, zat besi dan vitamin seperti kalsium, mangan, tembaga dan potasium, vitamin A, B, C, E dan K.

kandungan komponen teh yang cukup lengkap ini menjadi alasan mengapa tehoolong sangat dipercaya oleh ahli gizi untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan tubuh dan kekuatan imunitas terutama di musim hujan. Konsumsi tehoolong secara rutin dikaitkan dengan manfaat untuk membantu mengatasi permasalahan pencernaan, stres hingga flu dan batuk ringan.