ADVERTISEMENT

Musim Hujan Tiba, Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Cegah Pilek

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 28 Okt 2021 05:00 WIB
Ilustrasi buah alpukat segar
Foto: Thinkstock

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau telah diungkapkan oleh para ahli gizi dan ahli kesehatan memiliki kandungan mineral yang begitu tinggi dan padat serat. Sayuran hijau juga dipercaya akan sumber vitamin A, C hingga vitamin K yang sangat baik.

Konsumsi sayuran hijau juga dipercaya dapat membantu melawan infeksi bakteri karena komponen antibakteri alami yang ada di dalamnya. Contoh sayuran hijau adalah bayam, kangkung, pakcoy dan beragam sayuran hijau lainnya.

4. Madu

Jar of liquid honey with honeycomb inside and bunch of dry lavender over old wooden table. Dark rustic style, selective focusFoto: iStock

Sejak zaman nenek moyang madu memang sudah dikenal sebagai obat bagi segala keluhan kesehatan yang dialami manusia. Kandungan antioksidan dan antibakteri yang ada di dalam madu menjadi alasan utama madu bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan antioksidan dan antibakteri yang ada di dalam madu ini memiliki fungsi untuk membantu melawan virus penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Madu juga diungkapkan oleh para ahli kesehatan dapat membantu meredakan pilek sakit tenggorokan.

5. Jahe

Rempah yang banyak ditemukan di dapur-dapur rumah tangga ini ternyata dianggap sebagai superfood yang kaya manfaat terutama untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Sejak lama jahe dipercaya menjadi pereda nyeri alami.

Jahe juga dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dan digunakan sebagai pengobatan medis termasuk untuk mencegah pilek.
Konsumsi jahe untuk mencegah pilek salah satunya bisa dibuat menjadi teh jahe dengan cara menyeduhnya dengan secangkir air panas dan minum
selagi hangat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT