9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 27 Okt 2021 05:00 WIB
9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

7. Puasa

Puasa bukan hanya bagian dari rukun Islam, melainkan praktik yang bagus untuk kesehatan. Nabi Muhammad menjalani puasa bukan hanya saat bulan Ramadan. Beliau rajin puasa setiap hari Senin dan Kamis, juga ketika tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya.

Praktik puasa ini disebut-sebut mirip dengan konsep diet intermittent fasting yang kini tengah populer. Secara ilmiah, puasa terbukti membantu menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stress oksidatif, dan mengurangi inflamasi secara keseluruhan. Manfaat lainnya adalah ketika asupan makanan lebih sedikit, maka tubuh akan mengurangi fokusnya pada sistem pencernaan dan tubuh bisa lebih fokus menyembuhkan 'diri sendiri' dari berbagai penyakit yang ada.

8. Makan kurma

Selain delima, kurma adalah makanan sehat yang begitu dianjurkan konsumsinya oleh Nabi Muhammad. Rasa manis kurma bukan hanya enak, melainkan juga berfungsi menjaga kestabilan gula darah sehingga baik dikonsumsi usai berpuasa. Kurma juga bisa bantu menyiapkan sistem pencernaan untuk siap mencerna makanan nantinya.

Nabi Muhammad merekomendasikan wanita hamil untuk makan kurma. Bukan tanpa alasan, penelitian modern membuktikan makan kurma bisa meningkatkan produksi oksitosin dan melancarkan proses persalinan.

9. Hidup aktif

9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/nanausop

Kebiasaan sehat Nabi Muhammad juga mencakup gaya hidup aktif. Islam begitu menganjurkan hal ini, tercermin dari kewajiban utama seorang Muslim yaitu salat. Gerakan-gerakan salat layaknya bentuk olahraga yang membuat otot dan persendian bergerak aktif.

Bukti lain bahwa Nabi Muhammad sangat menganjurkan gaya hidup aktif adalah anjuran bagi orang tua agar mengajarkan anak-anaknya berenang, berkuda, dan panah.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Pedas Nampol Udang Galah Rica-rica"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com