Masya Allah! Ini 6 Buah dari Surga yang Tercatat di Al Quran

Riska Fitria - detikFood Minggu, 24 Okt 2021 05:00 WIB
Fresh grape Foto: iStock
Jakarta -

Terbukti bernutrisi dan berkhasiat untuk kesehatan, beberapa buah-buahan ini tercatat di dalam Al-Quran. Bahkan namanya ada yang dijadikan nama surat.

Al Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Muslim. Di dalamnya tercatat penuh tentang segala pengetahuan, termasuk tentang buah-buahan yang dapat dikonsumsi.

Beberapa buah-buahan yang tercatat di dalam Al Quran tersebut juga disebut sebagai buah dari surga. Buah-buahannya memiliki nutrisi penuh dan manfaat yang banyak.

Bukan hanya itu, beberapa di antaranya juga masuk ke dalam sunnah Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi. Dan juga menjadi rahasia awet muda Aisyah, istri Nabi Muhammad SAW.

Berikut 6 buah-buahan dari surga yang tercatat di Al Quran:


1. Kurma

Masya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk PencernaanMasya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk Pencernaan Foto: Getty Images/iStockphoto

Sudah banyak diketahui bahwa kurma merupakan buah dari surga. Bahkan mengonsumsi buah kurma masuk ke dalam sunnah Nabi Muhammad SAW. Kurma juga disebutkan sebanyak 20 kali dalam Alquran.

Beberapa surat yang menyebutkan kurma di dalamnya antara lain seperti Maryam, Ar-Rad, Al Baqarah, Qaaf dan Al Hasyr. Kurma disebutkan sebagai buah yang berkhasiat.

Ada kandungan antioksidan berupa flavonoid. Mengonsumsi kurma dapat mengatasi risiko diabetes, kanker dan alzheimer. Makan kurma juga jadi rahasia sehat Rasulullah SAW.

Baca Juga: 10 Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW dan Manfaat Sehatnya

2. Zaitun

Minyak zaitunMinyak zaitun Foto: iStock

Buah zaitun juga berkali-kali disebutkan di dalam Alquran. Beberapa surat yang membahas soal buah zaitun antara lain Al-An'am, An-nur, An-nahl, Al Mu'minun dan Abasa.

Buah zaitun bahkan menjadi rahasia awet muda istri Nabi, Aisyah. Buah zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.

Nabi Muhammad SAW pernah menyarankan istrinya menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, zaitun juga baik untuk masalah persendian dan otot.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com