10 Makanan Favorit Nabi Muhammad SAW dan Manfaat Sehatnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 16:00 WIB
Delima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Berikut Manfaat Jusnya Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Sosok Nabi Muhammad SAW patut dijadikan teladan bagi umat Muslim. Dalam hal makanan, beliau mengonsumsi 10 makanan enak dan sehat ini.

Untuk umat Muslim, segala hal baik yang dilakukan Nabi Muhammad SAW hendaknya ditiru dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya soal ibadahnya kepada Allah SWT dan perbuatan baiknya pada sesama manusia, melainkan juga pemilihan makanan sehari-hari yang baik untuk kesehatan.

Nabi Muhammad SAW menyukai beragam makanan enak dan sehat. Hal ini tercermin dari cerita-cerita sahabatnya. Lantas apa saja makanan yang disukai dan sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW? Dan seperti apa manfaat sehatnya?

Berikut detikfood merangkum 10 makanan favorit Nabi Muhammad SAW, seperti dikutip dari Iqraa (19/10/21):

1. Susu

Sahabat Nabi Muhammad sekaligus saudara sepupunya, Abdullah bin Abbas (Ibn Abbas) mengungkap kalau Nabi Muhammad SAW paling suka susu di antara minuman lainnya. Susu bisa didapat dari unta, kambing, hingga sapi. Profil nutrisinya juga lengkap dan memiliki beragam manfaat sehat.

Minum susu bisa menambah stamina, menghilangkan kekeringan dari tubuh, hingga melancarkan pencernaan. Sebelum menikmati susu, Nabi Muhammad SAW akan mengucap 'bismillah'. Lalu setelahnya, ia akan meminum air putih untuk membilas mulut. "Susu memiliki lemak," kata Nabi Muhammad SAW seperti diceritakan Ibn Abbas.

2. Madu

Nabi Muhammad SAW Cegah Virus Masuk ke Tubuh dengan Mengonsumsi 3 Makanan, Yaitu Kurma, Madu, dan Jintan HitamFoto: Getty Images/iStockphoto

Madu adalah bahan makanan istimewa dalam Islam. Dalam surah An-Nahl ayat 68-69 diceritakan soal madu. Madu bukan hanya memberi rasa manis, melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk beragam penyakit.

Untuk mengatasi diare, misalnya, disarankan minum campuran madu dengan air hangat. Ibn Maja menyebut Nabi Muhammad pernah berkata, "Kamu punya dua 'obat' yaitu madu dan Alquran."

3. Minyak zaitun

Makanan favorit Nabi Muhammad SAW ini terkenal sebagai bahan makanan sehat sampai saat ini. Adalah minyak zaitun yang rutin dikonsumsi para pelaku hidup sehat. Manfaat minyak zaitun beragam yaitu untuk melambatkan penuaan, mengatasi inflamasi di perut, hingga memperbaiki masalah kulit dan rambut.

Diriwayatkan Imām al-Termezī/Tirmidhī, Nabi Muhammad SAW pernah berujar soal minyak zaitun. "Kamu punya minyak zaitun. Konsumsi minyak ini dan aplikasikan ke seluruh tubuh. Karena sesungguhnya minyak zaitun berasal dari pohon yang diberkahi," kata Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Semur Jengkol Sambal Tempong yang Bikin Keringatan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com