7 Makanan Khas Maulid Nabi di Berbagai Daerah yang Rasanya Enak

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 19 Okt 2021 10:30 WIB
7 Makanan Khas Maulid Nabi di Berbagai Daerah yang Rasanya Enak Foto: Istimewa
Jakarta -

Setiap tahun peringatan Maulid Nabi Muhammad berlangsung meriah. Berbagai hidangan yang hanya hadir saat adanya Maulid Nabi pun jadi yang paling ditunggu masyarakat.

Maulid Nabi atau peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW memang kerap dilangsungkan secara meriah di beberapa daerah di Indonesia. berbagai tradisi ada untuk menyambut hari bersejarah bagi umat Muslim ini.

Dilangsungkan secara besar-besaran, banyak sekali kegiatan-kegiatan tradisi yang menarik untuk disaksikan. Tidak jarang juga akan banyak makanan yang dibagikan maupun disajikan dalam pelaksanaan peringatan Maulid Nabi.

Dari Aceh, Jawa Tengah, hingga Banyuwangi yang paling timur di pulau Jawa semuanya memiliki tradisi perayaan Maulid Nabi yang menarik. Mulai dari arak-arakan yang disertai doa-doa hingga makan bersama seluruh masyarakat setempat menjadi kegiatan yang tidak bisa ditemukan
sepanjang tahun.

Berikut ini 7 makanan yang selalu hadir dalam tradisi Maulid Nabi di berbagai daerah:

7 Makanan Khas Maulid Nabi di Berbagai Daerah yang Rasanya Enak7 Makanan Khas Maulid Nabi di Berbagai Daerah yang Rasanya Enak Foto: Istimewa

1. Kirab Ampyang

Di Kudus, Jawa Tengah, saat perayaan Maulid Nabi tiba akan ada kegiatan kirab ampyang Maulid yang dilaksanakan secara bergotong royong. Ampyang Maulid ini merupakan nasi yang dibungkus dengan daun jati bersamaan dengan lauk dan pelengkap lainnya yang kemudian akan dirangkai menjadi tumpukan gunung nasi bungkus yang menjulang.

Tumpukan ampyang Maulid ini akan diarak sambil didoakan dan berhenti tepat di Masjid utama setempat. Setelahnya para masyarakat akan ikut berdoa dan mendapatkan ampyang Maulid yang dibagikan oleh panitia pelaksana.

2. Kuah Beulangong

Terbuat dari daging kambing, kuah beulangong ini biasa disajikan dalam porsi besar dan dimasak dengan belanga berukuran jumbo. Rasanya yang gurih karena terbuat dari kari kambing membuat kuah beulangong ini selalu ditunggu kehadirannya.

Terbuat dari campuran kambing dan nangka muda serta dimasak dalam belanga membuat hidangan ini dinamai kuah beulangong. Uniknya, menurut tradisi asli Aceh, hidangan ini hanya boleh dimasak oleh kaum pria.

Baca juga: Sajian Maulid Nabi: Kuah Beulangong hingga Nasi Tumpeng

Simak video 'Peringati Maulid Nabi, Wapres Singgung Pembangunan SDM':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com