9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 27 Okt 2021 05:00 WIB
9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

4. Makan bersama-sama

9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Nabi Muhammad begitu menganjurkan makan bersama-sama karena ada keberkahan di baliknya. Menikmati makanan bersama orang lain juga terbukti mengurangi stress, meningkatkan kualitas hubungan pasangan dan keluarga, serta membangun kebiasaan makan sehat di antara anak-anak.

Dalam sebuah hadis juga dijelaskan keberkahan dari makan bersama-sama. "Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?" Beliau bersabda, "Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri." Mereka menjawab, "Ya". Beliau bersabda, "Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya." (H.R. Abu Daud)

5. Minum air pelan-pelan

Minum air putih memang terbukti baik untuk kesehatan karena membuat semua organ tubuh berfungsi maksimal. Dalam mengonsumsi air putih, Nabi Muhammad memiliki cara tersendiri.

Beliau tidak menyarankan minum habis air putih dalam satu napas, tetapi dalam dua sampai tiga kali napas. Dengan kata lain, minum air putih pelan-pelan. Ilmu pengetahuan membenarkan anjuran ini karena minum banyak air putih dalam waktu singkat dikaitkan dengan berbagai efek. Misalnya sakit kepala, ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah, dan terkadang rasa pusing. Sebaliknya, minum air pelan-pelan membantu cairan terserap maksimal dan kamu merasakan manfaat yang maksimal pula.

6. Makan buah delima

9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Delima disebut-sebut sebagai buah dari surga dan tercantum dari salah satu surah di Alquran. Delima juga menjadi buah favorit Nabi Muhammad. Penelitian ilmiah modern mengungkap manfaat konsumsi delima yang disebut sebagai salah satu makanan tersehat di dunia.

Delima mengandung mangan yang membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme, dan potasium yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mempertahankan fungsi sel. Delima juga mengandung flavonoid dan polifenol, antioksidan ampuh yang bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung.



Simak Video "Gado-gado Portal Bu Mar yang Legendaris dan Langganan Para Artis"
[Gambas:Video 20detik]