9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 27 Okt 2021 05:00 WIB
9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Sosok Nabi Muhammad SAW adalah panutan untuk umat Muslim. Dalam kehidupan sehari-hari, beliau memiliki kebiasaan sehat yang baik ditiru. Berikut 9 di antaranya.

Nabi Muhammad mencontohkan beragam hal baik untuk diikuti para Muslim. Tak terkecuali untuk urusan makan, minum, dan menjalani kehidupan secara umum.

Hal tersebut bisa dilihat dari kebiasaan Nabi Muhammad semasa hidup. Sesederhana anjuran bangun pagi agar bisa salat subuh. Kebiasaan bangun pagi ini ternyata juga berkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Lalu kebiasaan menikmati makanan dengan perlahan. Hal ini agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mengirim sinyal rasa kenyang ke otak. Manfaatnya, seseorang bakal terhindar dari kebiasaan makan berlebih.

Kebiasaan sehat Nabi Muhammad juga termasuk pola hidup aktif. Beliau begitu menyarankan agar aktivitas fisik dilakukan setiap hari, bahkan anak-anak dianjurkan berenang, berkuda, hingga memanah.

Mengutip The Daily Crisp (26/10), berikut 9 kebiasaan sehat Nabi Muhammad yang terbukti bagus secara ilmiah dan bisa kamu ikuti:

1. Bangun pagi

Nabi Muhammad selalu tidur cepat dan bangun pagi sebelum azan subuh berkumandang. Kebiasaan bangun pagi ini telah dibuktikan secara ilmiah berkaitan dengan produktivitas yang lebih baik, begitupun dengan kesehatan mental secara umum.

Kebiasaan bangun pagi ini mungkin dirasa sulit untuk banyak orang. Kamu bisa memulainya pelan-pelan dengan bangun 15 menit lebih awal setiap kali mencobanya.

2. Makan lebih sedikit

9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah9 Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad Ini Terbukti Khasiatnya Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Praktik makan lebih sedikit untuk mencegah penyakit ditekankan oleh Nabi Muhammad, dan belakangan ilmu pengetahuan membuktikan kebenarannya. Dalam Islam, konsep "1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, dan 1/3 untuk nafas" ketika menikmati makanan dianggap serupa konsep hara hachi bu dari Jepang yaitu makan hanya sampai 80% kenyang.

3. Makan pelan-pelan

Urusan makan, kebiasaan sehat Nabi Muhammad lainnya adalah makan perlahan (slow eating). Seperti diketahui, tubuh kita membutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang ke otak.

Praktik makan perlahan secara ilmiah membuat kamu makan lebih sedikit dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Nabi Muhammad menyarankan agar mengunyah makanan sampai 33 kali sebelum menelannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com