Tak Hanya Enak, Sarapan Bubur Juga Punya 5 Manfaat Sehat Ini

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 26 Okt 2021 07:00 WIB
Bubur ayam Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Bubur ayam jadi salah satu menu sarapan yang paling disukai di Indonesia. Sarapan bubur ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Jika orang bule lebih suka sarapan dengan oatmeal, beda halnya dengan orang-orang di Indonesia. Sejak dulu kita lebih familiar dengan bubur, entah bubur ayam gerobakan sampai bubur oriental yang menggunakan udang atau ikan.

Terlepas dari jenis bubur yang dimakan. Ternyata sarapan bubur sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tentunya jika bubur ini disantap dalam batas wajar, dan dengan topping atau bumbu yang tidak berlebihan.

Dilansir dari Hello Life (25/10), berikut lima manfaat kesehatan saat makan bubur di pagi hari.

Baca Juga: 3 Resep Bubur Enak dan Kaya Nutrisi untuk Sarapan Mantap


1. Lancarkan Sistem Pencernaan

Teh Hijau Bisa Sebabkan Masalah PencernaanTeh Hijau Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Jika membicarakan asal usul bubur, sebenarnya bubur bukan kuliner asli Indonesia. Bubur sendiri merupakan hidangan dari campuran nasi yang diolah hingga menjadi bubur. Merupakan makanan yang populer di Indonesia, China, Korea, Jepang, hingga Portugal. Meski punya racikan yang berbeda, ternyata bubur awalnya berasal dari China sejak tahun 2697 sebelum masehi.

Nah, bubur dipercaya dapat menghangatkan sistem pencernaan, termasuk lambung dan limpa. Limpa memiliki bagian penting, dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Agar tubuh dan limpa berfungsi dengan baik, nutrisi yang terdapat dalam bubur dapat membantu mengoptimalkan fungsi organ. Hal ini sudah diteliti oleh dunia medis China ribuan tahun lalu.

2. Meningkatkan Energi dan Detoks Racun

Resep Bubur Ayam SederhanaBubur Ayam Sederhana Foto: iStock

Bubur adalah menu sarapan terbaik di pagi hari, karena kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi energi. Setelah tubuh terbagun dari tidur, tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan organ dan sistem dalam tubuh. Karenanya menyantap bubur yang hangat, dapat mendorong energi agar tubuh berkerja secara efisien.

Selain menambah asupan energi yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang aktivitas harian, siapa sangka bubur bisa menjadi salah satu makanan yang mendorong racun keluar dari tubuh atau detoks. Hidangan ini berfungsi untuk mendetoks tubuh lewat kelenjar keringat.

Suhu bubur yang panas, dapat menghangatkan tubuh kita serta membantu sirkulasi darah. Keringat yang keluar setelah menyantap bubur, merupakan hasil racun yang terdetoks. Bubur juga ampuh untuk mengobati flu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Gurih Melimpah Bubur Ayam Legendaris Pasundan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com