Sarapan Telur, Sumber Protein Terbaik yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 25 Okt 2021 08:00 WIB
Telur, menu sarapan terbaik karena mengandung protein tinggi yang juga dapat membuat kenyang lebih lama Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Ahli mengungkapkan menu terbaik untuk dikonsumsi saat sarapan. Yaitu telur yang mengandung protein tinggi dan dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Sarapan wajib dikonsumsi setiap orang untuk menambah stamina di pagi hari. Pilih menu sarapan yang sehat dan membuat perut kenyang lebih lama.

Dilansir dari Eat This (22/10), menu sarapan terbaik adalah memasukan makanan yang mengandung protein tinggi. Protein tidak hanya bermanfaat untuk membangun otot saat berolahraga di pagi hari, tetapi juga dapat mendukung rasa kenyang yang lebih lama.

Telur, menu sarapan terbaik karena mengandung protein tinggi yang juga dapat membuat kenyang lebih lamaTelur, menu sarapan terbaik karena mengandung protein tinggi yang juga dapat membuat kenyang lebih lama Foto: Getty Images/iStockphoto/

Makanan yang mengandung protein tinggi dan cocok untuk sarapan adalah telur. Beragam olahan telur memang kerap dinikmati saat sarapan. Seperti telur mata sapi, omelet, telur rebus, hingga egg benedict.

Lauren Manaker, seorang ahli diet dari Zhou Nutrition juga menyarankan untuk mengonsumsi telur saat sarapan. "Itu adalah menu sarapan yang klasik, telur adalah pilihan yang ekonomis dan bergizi yang memberi sarapan nutrisi alami," katanya.

Telur menjadi pilihan yang tepat karena di dalamnya mengandung beragam nutrisi penting untuk tubuh. Dalam satu butir telur berukuran sedang memiliki kalori sebanyak 55-70 kcal.

Telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dpat memperkuat sel. Ada juga kandungan lemak baik, serta 6 gram protein yang dapat meningkatkan massa otot.

Baca Juga: Wajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di Filipina

Telur, menu sarapan terbaik karena mengandung protein tinggi yang juga dapat membuat kenyang lebih lamaTelur, menu sarapan terbaik karena mengandung protein tinggi yang juga dapat membuat kenyang lebih lama Foto: Getty Images/iStockphoto/

Manaker juga menjelaskan bahwa telur dapat meningkatkan rasa kenyang. "Telur membantu meningkatkan rasa kenyang, dan data menunjukkan bahwa asupan energi setelah sarapan telur jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sarapan tanpa telur," ujar Manaker.

Manaker juga menyebutkan kalau orang yang mengonsumsi telur saat sarapan, cenderung menyantap makan siang dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Menu sarapan dari telur yang direkomendasikan oleh Manaker adalah omelet.

Namun, omeletnya juga harus dimasak dengan campuran bahan yang sehat. Ia menggunakan dua butir telur, sayuran, dan keju. Manaker menambahkan keju karena dapat memberikan asupan protein tambahan bersama dengan kalsium pembentuk tulang.

Baca Juga: Tagihan Resto Kemahalan, Pengunjung Ini Malah Maki Pelayan Sampai Nangis



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Telur Barendo "
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com