Wajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di Filipina

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 24 Okt 2021 16:00 WIB
Wajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di Filipina Foto: Shutterstock via Taste Atlas
Jakarta -

Babi adalah jenis daging populer yang dikonsumsi warga Filipina. Ada 7 masakan babi terkenal di sana yang dimakan hampir di seluruh penjuru negeri. Berikut daftarnya.

Olahan babi mudah ditemui di negara-negara yang mayoritas penduduknya nonIslam, termasuk Filipina. Negara tetangga Indonesia ini bisa dibilang 'surganya' olahan babi sebab ada banyak masakan babi yang terkenal di sini.

Bagian yang diolah ada daging, kaki, sampai jeroan babi. Bumbu dan cara untuk mengolahnya juga sangat beragam. Biasanya memakai cuka dan melibatkan proses merebus dan memanggang.

Salah satu yang terkenal adalah sisig. Olahan babi ini memakai daging dan jeroan babi sebagai bahan utamanya. Sisig dibumbui dengan cuka, bawang bombai, dan cabe.

Lalu apa olahan babi lainnya dari Filipina? Mengutip Taste Atlas, inilah 7 masakan babi tradisional Filipina:

7. Inihaw na liempo

Wajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di FilipinaWajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di Filipina Foto: Shutterstock via Taste Atlas

Makanan tradisional Filipina ini menggunakan perut babi (pork belly) sebagai bahan utamanya. Ada banyak variasi inihaw na liempo, namun yang terkenal adalah yang dibumbui soy sauce, perasan lemon, garam, merica, dan bawang putih. Pork belly kemudian dipanggang dan dibaluri lagi dengan bumbu marinasi yang tersisa dan minyak.

Untuk penyajiannya, inihaw na liempo dinikmati bersama nasi putih, cuka rempah, saus celupan toyomansi (soy sauce, cuka, dan potongan bawang). Hidangan ini bisa disajikan sebagai menu pembuka atau menu utama.

6. Binagoongan

Binagoongan adalah makanan tradisional dan teknik masak asli Filipina. Biasanya berupa pork belly yang dimasak dengan terasi udang. Selain pork belly, binagoongan juga bisa dibuat dengan sayuran seperti kangkung atau daging seperti sali dan ayam. Bahan ini ditumis dengan terasi lalu ditambahkan daun salam, bawang putih, cabe, terong, atau potongan nanas.

Rasa binagoongan identik asin sehingga biasa dinikmati bersama nasi putih. Untuk mengimbangi rasa asinnya, hidangan ini juga biasa ditambahkan cuka dan gula pasir.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com