Tak Sadar Makan Mie Babi sampai Habis, Begini Reaksi Pria Muslim Ini

Riska Fitria - detikFood Rabu, 20 Okt 2021 10:30 WIB
Tak Sadar Makan Mie Babi sampai Habis, Begini Reaksinya Pria Muslim Ini Foto: TIkTok @azedmi
Jakarta -

Seorang pria tengah asyik menikmati mie di sebuah restoran. Saat mienya habis, ia baru sadar bahwa mie tersebut mengandung babi. Begini reaksinya.

Bagi umat muslim haram hukumnya mengonsumsi daging babi. Larangan tersebut sudah tercatat di dalam Al-Qur'an. Karenanya harus berhati-hati sebelum memilih makanan di sebuah restoran.

Terkadang ada yang tak sengaja makan babi karena ketidaktahuannya. Seperti yang dialami oleh seorang pria yang satu ini. Ia membagikan pengalamannya lewat video TikTok @azedmi (15/10)

Baca Juga: 5 Kisah Makan Babi Viral, Dimakan Muslim dan Ditanyakan Kehalalannya

Tak Sadar Makan Mie Babi sampai Habis, Begini Reaksinya Pria Muslim IniTak Sadar Makan Mie Babi sampai Habis, Begini Reaksinya Pria Muslim Ini Ilustrasi Foto: iStock

Dalam video tersebut memperlihatkan dirinya bersama sang kekasih dan adiknya sedang makan mie di restoran. Ia juga memperlihatkan mangkuk-mangkuk mie yang sudah habis disantap.

Setelah makanannya habis, tiba-tiba saja ia ingin mengecek ulasan restoran tempat ia makan di Google. Betapa terkejut dirinya saat mengetahui ternyata mie yang dimakan mengandung babi.

Kepada detikcom (20/10) ia mengatakan alasannya yang tiba-tiba mengecek ulasan di Google karena menurutnya rasanya ada sedikit aneh. Oleh karenanya ia mengecek ulasan setelah makanan habis.

Tak Sadar Makan Mie Babi sampai Habis, Begini Reaksinya Pria Muslim IniTak Sadar Makan Mie Babi sampai Habis, Begini Reaksinya Pria Muslim Ini Foto: TIkTok @azedmi

"Kita cek review di Google karena sebenarnya curiga. Awalnya sih makan dagingnya rasanya daging biasa aja. Tapi lama-lama kta ngerasa beda pas udah mau habis," ujar Azedmi.

Jika melihat dari restorannya, Azedmi menyebutkan tidak ada yang mencurigakan. Sebab, ia menceritakan bahwa di restoran tersebut ada pengunjung yang mengenakan jilbab dan karyawannya juga muslim.

Dan benar saja, ketika melihat ulasan di Google ada user yang menyebutkan bahwa mie di restoran tersebut adalah mie babi terbaik di Jakarta Utara. Sontak Azedmi pun terkejut.

Tak Sadar Makan Mie Babi sampai Habis, Begini Reaksinya Pria Muslim IniTak Sadar Makan Mie Babi sampai Habis, Begini Reaksinya Pria Muslim Ini Foto: TIkTok @azedmi

"Pas tau itu babi, lebih ke ngakak aja sih. Gak mau terlalu dibawa serius. Dan gak mau nyudutin pihak manapun. Soalnya emang kelalaian kita mau gimana pun juga. Dan lebih ke hati-hati kedepannya," ujarnya.

Video tersebut pun menjadi viral dan mengundang komentar netizen. Banyak netizen yang ikut terkejut dan menceritakan pengalaman serupa.

"Gue juga pernah di salah satu resto di Bandung. Gue sama keluarga gue udah pengen banget makan di situ karena gak tau kalau ada menu-menu babinya," tulis netizen.

"Dulu pernah hampir kayak gini, tapi emak gue berhijab jadi dikasih tau sama masnya kalau ada babinya. Untung gak jadi," tulis netizen lainnya.

@azedmi

seru bgt idup gue :')

♬ original sound - Azedmi

Tak sedikit juga netizen yang mempertanyaan hukum tak sengaja makan babi dalam Islam. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah Al Baqarah ayat 173.

"Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang," (QS Al Baqarah:173).

Pada ayat tersebut berlaku bagi orang yang makan daging babi karena tidak tahu, tidak sengaja atau lupa. Allah tidak menuntut mereka yang tak sengaja untuk bertaubat.

Hal itu pun juga sudah diketahui oleh Azedmi. "Kita paham kalo misalnya ga sengaja insha Allah baik baik aja," tutupnya.

Baca Juga: Pria Muslim Tak Sengaja Makan Babi saat Pesan via Ojol, Ini Hukumnya dalam Islam



Simak Video "Masak Masak: Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak 1 Ekor"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com