5 Pola Makan untuk Kendalikan Kolesterol Secara Alami

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 24 Okt 2021 07:00 WIB
Tempe dan Tahu Hilang di Pasaran, Ini Faktanya
Foto: Getty Images/iStockphoto/Somrakjendee

4. Perbanyak Konsumsi Serat

Bukan hanya memberikan rasa kenyang yang lebih lama, konsumsi serta juga penting fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam waktu yang singkat. Konsumsi makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, sayur-sayuran dan berbagai makanan tinggi serat utuh lainnya sangat disarankan oleh para ahli gizi.

"Serat dalam biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran dikenal untuk membantu mengurangi kolesterol dan harus menjadi bagian dari variasi diet sehari-hari," kata Eleana Kaidanian selaku ahli gizi terdaftar.

Secara umum, konsumsi serta perlu dilakukan sebanyak yang kamu bisa. Serat terbukti berfungsi dengan sangat baik dalam menyerap kolesterol pada aliran darah. Selain itu serat larut juga dapat mengikat kolesterol di dalam usus sehingga tidak sempat terserap oleh aliran darah.

Intermittent Fasting Weight Loss dieting concept5 Pola Makan untuk Kendalikan Kolesterol Secara Alami Foto: Getty Images/iStockphoto

5. Lakukan Intermittent Fasting

Jika memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, puasa intermittent fasting dianggap sebagai cara yang masluh mudah untuk membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol buruk. Intermittent fasting juga sangat membantu untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik untuk menyeimbangkan kolesterol buruk di dalam tubuh.

"Penelitian awal menunjukkan bahwa intermittent fasting mungkin merupakan strategi untuk menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat) yang buruk dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik," kata Dawn Jackson Blatner selaku ahli nutrisi klinis.

Blatner menyarankan untuk melakukan intermittent fasting dengan metode 16-8 untuk mengendalikan kolesterol. Artinya kamu dapat bebas makan apapun selama delapan jam dan kemudian hanya mengkonsumsi air putih selama enam belas jam sisanya.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)