5 Pola Makan untuk Kendalikan Kolesterol Secara Alami

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 24 Okt 2021 07:00 WIB
Tempe dan Tahu Hilang di Pasaran, Ini Faktanya
Foto: Getty Images/iStockphoto/Somrakjendee

2. Tambahkan Asupan Lemak Sehat

Saat lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan sangat cepat, tetapi lemak tak jenuh atau lemak sehat memiliki efek yang berbanding terbalik. Lemak tak jenuh menjadi lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap vitamin dan mengendalikan kadar lemak jenuh yang merugikan di dalam tubuh.

"Lemak tak jenuh sebenarnya bermanfaat karena dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah secara keseluruhan tetapi tetap menyediakan cadangan energi bagi tubuh," kata Fleming.

Fleming juga menambahkan bahwa lemak sehat bisa didapatkan melalui beberapa bahan makanan tertentu. Misalnya seperti ikan yang kaya akan omega-3, kacang-kacangan seperti almond dan walnut hingga beberapa jenis minyak sayur seperti minyak zaitun, minyak jagung dan berbagai sumber lemak tak jenuh sehat lainnya.

Tempe dan Tahu Hilang di Pasaran, Ini Faktanya5 Pola Makan untuk Kendalikan Kolesterol Secara Alami Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Konsumsi Lebih Banyak Protein Nabati

Suka makan daging? Sebaiknya kamu mulai pertimbangkan konsumsi asupan protein nabati seperti yang dilakukan para pelaku vegetarian. konsumsi protein nabati ini dinilai oleh para ahli kesehatan sangat baik untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol dengan sangat cepat.

"Gaya hidup vegetarian tidak hanya membantu untuk menurunkan kelebihan berat badan, tetapi juga membantu menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol buruk juga," kata Fleming.

Manfaat konsumsi protein nabati terhadap pengendalian kadar kolesterol ini juga sudah dipublikasikan melalui jurnal The American Journal of Clinical Nutrition. Protein nabati dinilai sangat baik untuk menurunkan risiko gangguan kesehatan jantung seperti tekanan darah tinggi dan sakit jantung secara signifikan.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]