5 Pola Makan untuk Kendalikan Kolesterol Secara Alami

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 24 Okt 2021 07:00 WIB
Tempe dan Tahu Hilang di Pasaran, Ini Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/Somrakjendee
Jakarta -

Kadar kolesterol yang tinggi sangat berbahaya untuk kesehatan kardiovaskular. Lima pola makan ini bisa ditiru untuk kendalikan kolesterol secara alami.

Konsumsi makanan yang tidak bernutrisi bisa membahayakan kesehatan. Mulai dari kalori, lemak jenuh hingga kadar kolesterol yang akan meningkat jika tidak menjaga kebiasan makan yang baik.

Kadar kolesterol yang begitu tinggi seringkali dialami oleh banyak orang dewasa akibat konsumsi makanan yang kurang sehat dan pola diet yang tidak baik. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dan tidak bisa dikendalikan ini sangat mengancam bagi kesehatan kardiovaskular.

Terutama bagi orang dewasa, kesehatan kardiovaskular yang terganggu akan berdampak pada meningkatkan risiko penyakit-penyakit dan gangguan terhadap kinerja fungsi jantung. Ada lima kebiasaan makan sehat yang disarankan oleh para ahli untuk diterapkan dan dilakukan secara rutin agar dapat mengendalikan kadar kolesterol secara alami.

Berikut ini 5 kebiasaan makan untuk kendalikan kolesterol menurut Eat This, Not that (20/10):

Photograph of a rustic hand made bowl filled with freshly made Porridge, topped with sprinkled Demerara sugar. Photographed on a rustic old pine rustic table.5 Pola Makan untuk Kendalikan Kolesterol Secara Alami Foto: iStock

1. Awali Hari dengan Oatmeal

Jika ingin memulai harimu dengan lebih sehat, sebaiknya coba semangkuk oatmeal untuk sarapan. Oatmeal memiliki kandungan serat larut, protein dan berbagai gizi hingga komponen aktif lain yang sangat baik untuk kesehatan secara menyeluruh dan mengatasi kadar kolesterol secara khusus.

"Beta-glucan adalah serat larut yang ditemukan dalam oatmeal yang membantu menurunkan kolesterol LDL dan dapat membuat tubuh merasa kenyang. Sebagai bonus, oatmeal juga tersedia dalam berbagai bentuk, seperti gandum instan dan oat groats," kata Kristen Fleming selaku ahli gizi terdaftar sekaligus konsultan gizi.

Konsumsi oatmeal memang sudah sangat lama dipercaya sebagai sarapan yang paling sehat namun tetap memberikan cadangan energi untuk tubuh menjalankan aktivitas seharian penuh. Bagi pelaku vegetarian dan vegan, oatmeal sudah menjadi menu sarapan yang paling populer manfaat sehatnya.

Baca juga: Kolesterol Tinggi? 7 Makanan Enak Ini Bantu Turunkan Kolesterol

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com