Apa Benar Buah Sebaiknya Dimakan Saat Perut Kosong?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 24 Okt 2021 08:00 WIB
Apa Benar Buah Sebaiknya Dimakan Saat Perut Kosong? Foto: Getty Images/iStockphoto/coldsnowstorm
Jakarta -

Di balik nutrisinya yang menyehatkan, masih banyak mitos soal konsumsi buah. Banyak orang ragu, benarkah makan buah lebih baik saat perut kosong? Dan apakah minum jus buah bikin gemuk? Ini jawabannya.

Buah adalah bahan makanan sehat yang perlu dikonsumsi sehari-hari. Buah mengandung beragam vitamin, mineral, hingga antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Konsumsi buah aneka warna begitu dianjurkan demi mendapat manfaat sehat yang beragam pula. Namun di balik praktik mengonsumsi buah, masih banyak mitos yang beredar soal cara terbaik mengonsumsi buah.

Apakah jus buah lebih sehat? dan apakah jus buah bisa memicu kenaikan berat badan? Untuk menjawab pertanyaan ini, Times of India (19/10/21) mengungkap jawabannya.

Berikut mitos soal kapan dan bagaimana memakan buah yang tepat:

1. Apakah buah lebih bagus dimakan saat perut kosong?

Mitos yang menyebut buah lebih bagus dimakan saat perut kosong dipercaya banyak orang. Konon hal ini membuat manfaat buah terserap maksimal. Sebaliknya, saat buah dimakan bersama makanan lain akan menyebabkan perut bergas dan masalah pencernaan.

Nyatanya mitos tersebut tidak perlu dipercaya. Buah akan memberi nutrisi yang sama, terlepas dari kapan waktu memakannya. Satu-satunya hal yang membedakan adalah ketika buah dimakan saat perut sudah mencerna makanan lain, maka proses pencernaan akan sedikit melambat karena kandungan serat dalam buah. Namun hal ini tidak sampai menyebabkan masalah pencernaan.

2. Benarkah jus buah lebih sehat?

Apa Benar Buah Sebaiknya Dimakan Saat Perut Kosong?Apa Benar Buah Sebaiknya Dimakan Saat Perut Kosong? Foto: Getty Images/iStockphoto/coldsnowstorm

Menenggak jus buah memang bisa menghilangkan dahaga, namun benarkah jus buah lebih sehat dari buah utuh? Faktanya tidak. Kamu lebih disarankan makan buah utuh karena memiliki serat dan nutrisi lain yang lebih lengkap.

Mengolah buah menjadi jus akan mengurangi kemampuan buah dalam menciptakan rasa kenyang, sekaligus menghilangkan beberapa nutrisi esensial. Namun bukan berarti kamu tidak boleh minum jus buah. Sesekali, tak masalah mengonsumsi jus buah untuk menghilangkan dahaga.

3. Apakah makan buah bikin gemuk?

Buah menjadi camilan favorit pelaku hidup sehat. Selain enak, beberapa buah juga sifatnya praktis karena bisa langsung dinikmati. Misalnya pisang, apel, dan jeruk. Namun apakah makan buah berisiko menaikkan berat badan?

Jawabannya adalah iya. Hal ini lantaran kandungan gula alami buah dalam bentuk fruktosa. Kelebihan asupan fruktosa bisa memperbesar liver. Kamu disarankan untuk mengonsumsi buah secukupnya. Porsi yang dianjurkan adalah sedikitnya 150 gram buah per hari.

4. Benarkah buah makanan ideal?

Apa Benar Buah Sebaiknya Dimakan Saat Perut Kosong?Apa Benar Buah Sebaiknya Dimakan Saat Perut Kosong? Foto: Getty Images/iStockphoto/coldsnowstorm

Banyak orang melewatkan waktu sarapan mereka dan menggantinya dengan makan buah saja. Cara ini dianggap lebih sehat dan bernutrisi, namun ternyata tidak.

Buah memang makanan sehat, namun bukan berarti makanan ideal yang bisa menggantikan nutrisi dari makanan utuh yang mengandung nutrisi lengkap. Buah bersifat cepat dicerna dan bakal membuat kamu lapar 1-2 jam setelah mengonsumsinya. Karenanya lebih bagus menjadikan buah sebagai camilan sehat, bukan makanan utama apalagi menganggapnya sebagai makanan ideal.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Sirup Buah yang Nyegerin"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com