Susah Sarapan? Ahli Gizi Ini Bagikan Menu yang Sesuai Kepribadian

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 14 Okt 2021 08:00 WIB
Handsome man having breakfast eating cereals at home and smiling Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat
Jakarta -

Banyak orang yang malas sarapan atau makan di pagi hari, karena rutinitas atau kebiasaan. Untuk itu ada beberapa menu sarapan yang bisa disesuaikan dengan kepribadian.

Mitos sarapan sebagai waktu makan yang paling penting sepanjang hari memang masih dipercayai banyak orang hingga sekarang. Sarapan cukup penting untuk kesehatan, karena berguna untuk menambah asupan energi dan nutrisi untuk penunjang aktivitas sepanjang hari.

Menurut ahli gizi Shelly Najjar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk orang-orang yang kurang suka sarapan, atau sering melewatkan waktu sarapan.

Baca Juga: 7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap Hari" selengkapnya


"Sebenarnya menu sarapan atau makanan yang disantap di pagi hari, bisa disesuaikan dengan tipe atau kepribadian orang-orang. Bisa juga menyesuaikan apa yang mereka perlukan secara individual," jelas Shelly.

Dilansir dari King 5 (14/10), berikut beberapa menu makanan sehat yang cocok disantap saat sarapan sesuai kepribadian orang-orang di pagi hari.

Tak Punya Waktu untuk Sarapan

Menu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan BegadangMenu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Banyak orang yang setuju, bahwa alasan utama mereka tidak makan pagi atau sarapan adalah karena mereka tidak memiliki waktu. Beberapa orang lebih memilih memperpanjang waktu tidur mereka, dibandingkan bangun lebih awal untuk memasak atau menyiapkan sarapan.

Menurut Shelly, sebenarnya hal ini tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak sarapan. Karena masih banyak menu makanan sehat yang sederhana dan praktis, yang cocok disantap bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu di pagi hari.

"Contohnya dengan sarapan buah-buahan segar. Atau kalau mau yang lebih kenyang bisa seduh oatmeal, ini mudah sekali kan, selama punya air panas. Oatmeal bisa disantap dengan buah-buahan yang tersedia," jelas Shelly yang menjelaskan bahwa oatmeal mampu membuat perut lebih kenyang dan pikiran lebih fokus.

2. Tidak Lapar di Pagi Hari

Dampak Kalau Tidak SarapanDampak Kalau Tidak Sarapan Foto: iStock

Banyak juga orang-orang yang malas sarapan karena merasa belum lapar di pagi hari. Atau sudah terbiasa tidak sarapan sejak dulu. Meski memang rutinitas ini tidak berimbas banyak bagi yang sudah terbiasa, tapi Shelly tetap menyarankan orang agar tidak meninggalkan sarapan.

"Orang-orang yang merasa belum lapar atau masih kenyang di pagi hari, tentunya tetap bisa sarapan. Sarapannya ini yang ringan-ringan saja, yang mudah dibuat,"

Misalnya dengan minum jus buah yang gampang dibuat. Kalau bahan-bahannya memadai, bisa juga menyiapkan smoothie buah. Tapi Shelly juga menyarankan menu sarapan dengan roti dan atau roti panggang sebagai pelengkap.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com