Mengapa Orang Kecanduan Minum Kopi ? Ini Alasannya Menurut Ahli

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 23 Okt 2021 07:02 WIB
Alasan kecanduan kopi Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Walaupun sudah ada batasan maksimal minum kopi, namun mereka yang kecanduan bisa mengonsumsi lebih dari 4 cangkir per hari. Berikut alasannya menurut ahli!

Kopi, salah satu minuman yang menyehatkan karena mengandung zat antioksidan yang tinggi. Kalau ingin memaksimalkan manfaatnya, kopi harus diminum tanpa gula atau bahan tambahan lainnya.

Menurut FDA (12/12/2018), bagi orang dewasa yang sehat kopi baik dikonsumsi kalau tidak melebihi batasan maksimal. Setiap harinya bisa mengonsumsi sampai 4 cangkir per hari atau 400 miligram kafein.

Baca Juga: Tiru Steak Salt Bae Seharga Rp 13 Juta, Netizen Ini Hanya Modal Rp 1,2 Juta!

Alasan kecanduan kopiAlasan kecanduan kopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Walaupun sudah ada batasan maksimal, namun masih banyak orang yang mengonsumsinya berlebihan. Para pecandu kopi ini bisa mengonsumsi lebih dari 6 cangkir per hari. Padahal, konsumsi kopi berlebihan juga dapat memberikan efek samping pada kesehatan tubuh.

Dilansir dari Mashed (20/10), sebenarnya terdapat alasan mengapa orang bisa ketagihan atau kecanduan minum kopi. Hal tersebut dijelaskan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok Ilmuwan dari Northwestern University Feinberg School of Medicine dan QIMR Berghofer Medical Research Institute.

Dalam penelitiannya, mereka menemukan bahwa semakin sensitif seseorang terhadap rasa pahit dari secangkir kopi, maka semakin banyak juga yang mereka minum. Walaupun tampak kontradiktif, namun para peneliti ini menjelaskan kalau alasannya kembali ke kafein yang dapat memberikan efek stimulasi pada otak.

Oleh karena itu, para pecandu kopi hanya akan menyukai rasa pahitnya. Mereka bisa mengonsumsi banyak kopi tanpa peduli seberapa pahit rasanya.

Baca Juga: Bawa Duit Rp 15.000 Bisa Makan Bento Enak di 5 Tempat Ini

Alasan kecanduan kopiAlasan kecanduan kopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Dilansir dari Smithsonian Magz (9/8), kafein merupakan zat adiktif yang terdapat pada kopi. Hal itulah yang membuat banyak orang ketagihan dengan rasanya. Karena kafein dapat mempengaruhi otak manusia sehingga menghasilkan perasaan waspada (terjaga) yang diidamkan para penikmat minuman kafein (kopi).

Sesaat setelah kamu mengonsumsi sesuatu yang mengandung kafein akan langsung diserap melalui usus kecil dan larut ke dalam aliran darah. Karena bahan kimia ini larut dalam air dan lemak, maka zat tersebut mampu menembus alirah darah dan masuk ke otak.

Kecanduan minum kopi memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh. Alih-alih tubuh memiliki stamina yang penuh, terlalu banyak mengonsumsi kopi malah membuat tubuh cepat lelah, kualitas tidur berkurang, hingga dapat menyebabkan kecemasan.

Baca Juga: Minum Kopi Setiap Hari? Waspadai 5 Efek Samping Ini



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com