Minum Kopi Setiap Hari? Waspadai 5 Efek Samping Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 04 Sep 2021 06:30 WIB
Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya Foto: iStock
Jakarta -

Sebenarnya kopi bisa menyehatkan tubuh kalau dikonsumsi secara tepat. Kalau kamu mengonsumsi kopi setiap hari, kamu harus memerhatikan efek sampingnya bagi kesehatan.

Kopi, minuman yang umum dikonsumsi setiap hari. Punya rasa pahit nutty, namun banyak yang menggemarinya karena kandungan kafein pada kopi dapat berperan dalam meningkatkan energi. Tak heran kalau kopi jadi minuman favorit saat sarapan.

Sebenarnya kopi dapat dikonsumsi setiap hari dengan batasan maksimal sebanyak 400 miligram. Namun, untuk mereka yang intoleransi terhadap kafein, harus waspada terhadap efek samping dari kopi.

Dilansir dari Eat This (30/3), minum kopi ternyata dapat memberikan efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh. Seperti mengubah hormon hingga masalah kesehatan perut.

Berikut 5 efek samping minum kopi setiap hari yang perlu diwaspadai.

1. Dapat Mengubah Hormon

Konsumsi kopi setiap hari dengan jumlah yang banyak ternyata dapat mempengaruhi perubahan hormon seseorang, terutama untuk wanita. Barbie Boules seorang ahli diet menjelaskan bahaya kopi yang dapat mengubah hormon wanita.

Boules kerap mendapatkan klien seorang wanita yang usianya rata-rata 40 tahun dan mereka mengaku mengalami perubahan hormon yang drastis. Kafein pada kopi dapat memperburuk hormon pada tubuh.

"Di usia paruh baya, ketika estrogen, progesteron, dan testosteron mulai tidak menentu, serta kecemasan dan jantung berdebar memang hal yang biasa dirasakan," ujar Boules.

"Namun kafein bisa makin memperparah keadaan tersebut," lanjutnya.

Baca Juga: Lama Antar Makanan, 5 Driver Ojol Ini Dilempar Kuah Sup hingga Kena Suspend

2. Jadi Sulit Tidur

Lonely sad woman deep in thoughts sitting daydreaming or waiting for someone  in the living room with a serious expression,  she is pensive and suffering from insomnia sitting on couchsulit tidur Foto: Getty Images/ljubaphoto

Diketahui kalau kopi mengandung kafein yang tinggi. Untuk mereka yang membutuhkannya, kopi bisa menjadi penyelamat karena dapat membangkitkan energi. Namun, kalau mengonsumsi kopi terlalu banyak juga dapat memberikan masalah pada kesehatan.

Hal ini dijelaskan oleh Amy Gorin selaku ahli diet. Ia mengatakan kalau minum kopi setiap hari dapat menyebabkan masalah pada kualitas tidur seseorang. Orang tersebut akan mengalami sulit tidur dan berakhir mengidap insomnia.

Gorin menyarankan untuk tidak minum kopi 3-6 jam sebelum tidur. Karena, itu akan membuatmu terjaga sehingga akan merasa sulit tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com