Tiru Steak Salt Bae Seharga Rp 13 Juta, Netizen Ini Hanya Modal Rp 1,2 Juta!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 22 Okt 2021 11:00 WIB
Netizen Tiru Steak Salt Bae Foto: TikTok/harisonwebb97
Jakarta -

Steak emas buatan Salt Bae mengundang perhatian karena harganya yang mahal. Netizen inipun tertarik meniru steak tersebut. Ternyata ia hanya habiskan biaya 5% dari harga aslinya!

Chef kontroversial, Salt Bae, tengah ramai diperbincangkan karena membanderol harga steak berlapis emas di restorannya terlalu tinggi. Mahalnya harga steak yang ia patok membuat banyak sekali pelanggan yang mengeluh.

Tidak hanya masyarakat biasa, tetapi banyak juga kalangan artis hingga jutawan yang mengeluhkan mahalnya harga steak yang disajikan di Nusr-Et Steakhouse. Selain harga menu, terlihat banyak tambahan harga lain saat restoran steak tersebut mengeluarkan tagihannya.

Mulai dari tambahan harga layanan sebesar Rp2,9 juta atau sekadar bawang bombai goreng yang dibanderol lebih dari Rp300 ribu. Penasaran dengan harga produksinya, seorang netizen TikTok mencoba membuat sendiri steak emas ala Salt Bae. Ia lantas mendapatkan hasil yang mengejutkan.

Netizen Tiru Steak Salt BaeNetizen Tiru Steak Salt Bae Foto: TikTok/harisonwebb97

Baca juga: Makan di Resto Salt Bae, Jutawan Ini Bilang Lebih Puas Makan di McD!

Mengutip akun TikTok @harisonwebb97 (20/10), seorang food blogger mencoba meniru steak buatan Salt Bae yang lengkap dengan lembaran emas yang bisa dimakan (edible). Tujuannya semata-mata untuk membuktikan berapa biaya sebenarnya untuk produksi seporsi steak emas buatan Salt Bae.

"Berapa harga yang sebenarnya untuk membuat steak emas buatan Salt Bae?" tulis Webb dalam keterangannya pada unggahan video tersebut.

Mulai dari bawang putih, daging, dan lembaran emas telah ia siapkan untuk ditambahkan ke dalam seporsi steak tiruan tersebut. Bahkan untuk dagingnya sendiri, Webb menggunakan jenis dan bagian potongan yang sama persis dengan yang digunakan Salt Bae.

Setelah dihitung-hitung, ternyata biaya untuk membuat seporsi steak emas ala Salt Bae ini hanya sekitar Rp1,2 juta. Sedangkan di restoran steak milik Salt Bae, steak tersebut bisa dibanderol mencapai Rp13,6 juta dan belum termasuk biaya tambahan service dan lain-lainnya.

Netizen Tiru Steak Salt BaeNetizen Tiru Steak Salt Bae Foto: TikTok/harisonwebb97

Saking mahalnya harga yang dibanderol, bahkan seorang jutawan yang berprofesi sebagai IT kontraktor pernah mengeluhkan harga yang tak sebanding dengan pengalamannya makan di restoran steak milik Salt Bae. Dirinya bahkan mengatakan lebih puas makan di gerai McDonald's dibandingkan dengan di restoran steak milik Salt Bae.

Unggahan video yang menampilkan 'bedah harga' steak Salt Bae ini bahkan telah disaksikan hingga lebih dari 221 ribu kali di TikTok. Lebih dari 100 komentar juga ikut meramaikan pada kolom komentar.

"Jangan lupa Rp1,9 juta sebagai biaya layanan," tulis akun @tyrichards98.

"Sebenarnya banyak juga orang-orang yang bilang bayar lebih Rp27 juta untuk merasakan garam yang ditabur dari tangan Salt Bae saja," tulis akun @aguerothegoat_10.

Baca juga: 5 Kontroversi Restoran Salt Bae, Terkait Hak Cipta hingga Upah Lembur Pegawai



Simak Video "Bikin Laper: Steak Enak dengan Harga di Bawah Rp 100 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com