ADVERTISEMENT

Ini 5 Racikan Kopi yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 23 Okt 2021 05:00 WIB
kopi rempah
Foto: iStock
Jakarta -

Penggemar kopi yang sedang menjalani program diet bisa tetap ngopi enak. Ada beragam racikan kopi yang bantu turunkan berat badan. Ada kopi cokelat hingga kopi lemon.

Kopi kerap diandalkan sebagai minuman yang membantu membuat fokus dan mendongkrak stamina, tapi di samping itu kopi ternyata juga ampuh dijadikan minuman diet. Beberapa racikan kopi terbukti baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Times of India (22/10) kopi bisa dicampur dengan berbagai bahan mulai dari lemon, dark coklat hingga kayu manis. Bukan hanya rasanya saja yang lebih nikmat tapi juga lebih ampun menurunkan berat badan.

Berikut beberapa racikan kopi yang bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Kopi kayu manis

Menambahkan sejumput kayu manis bubuk ke dalam secangkir kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan. Paduan kafein dalam kopi dan antioksidan dalam kayu manis dapat membantu meningkatkan proses penurunan berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh.

Untuk membuat minuman sederhana ini, cukup seduh kopi hitam, tambahkan satu sendok teh kayu manis bubuk. Untuk membuat rasanya lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan madu.

Kopi ini juga cocok diberi tambahan sirop gula aren. Selain lebih berkhasiat meningkatkan metabolisme, kopi kayu manis juga punya aroma yang khas. Kopi ini cocok dinikmati pagi ataupun sore hari.

2. Kopi lemon

Menambahkan sedikit perasan jus lemon ke dalam kopi dapat membantu menjaga berat badan dan bahkan membantu menurunkannya. Campuran kafein, asam sitrat, dan vitamin C dalam kopi lemon membantu meningkatkan metabolisme dan mengaktifkan hormon pembakar lemak.

Ketika hormon pembakar lemak bekerja maksimal maka efeknya adalah lemak membandel akan luntur dari dalam tubuh. Untuk membuat kopi ini, cukup tambahkan jus lemon ke dalam 1 cangkir kopi bersama dengan sejumput kayu manis.

Kopi lemon ini juga membantu membuang racun dari tubuh dan membantu mempercepat laju metabolisme. Terakhir, adanya kandungan vitamin C dalam lemon juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copy space for your text. coffee bag and with sliced Ini 5 Racikan Kopi yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Foto: iStock

3. Kopi mentega


Bullet coffee atau sering juga disebut kopi mentega juga ampuh menjadi minuman yang bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan. Kopi ini tidak terlalu populer tetapi bisa dicoba sebagai trik diet untuk penurunan berat badan yang enak.

Campuran kopi ini terdiri dari kopi, minyak dan mentega. Sekilas akan terbayang aneh karena kopi dicampur lemak tetapi saat dicoba rasanya pasti bikin ketagihan.

Bullet Coffee meningkatkan sistem metabolisme, memberi efek rasa kenyang, meningkatkan fokus dan meningkatkan penurunan berat badan. Untuk membuat bullet coffee, kamu hanya perlu menyiapkan 1 cangkir kopi panas, 1 sendok makan mentega, ghee, minyak kelapa, tambahkan sejumput garam laut, aduk rata dan kopi siap dinikmati.

4. Kopi hitam


Secangkir kopi hitam juga sudah cukup untuk meningkatkan sistem metabolisme yang dampaknya pada penurunan berat badan. Selain kafein, asam klorogenat dalam kopi juga membantu mempercepat proses pembakaran lemak.

Seduh kopi dengan air hangat lalu nikmati segera, kopi ini termasuk kopi paling sederhana karena tidak memerlukan tambahan apapun. Tapi untuk rasa dan aroma yang khas, kamu bisa menambahkan sedikit bubuk pala. Kopi ini juga akan membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan dan meningkatkan metabolisme.

Fresh hot coffee being poured into a cup from a stainless steel french press in a trendy cafeIni 5 Racikan Kopi yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Foto: iStock

5. Kopi cokelat hitam


Cokelat hitam (dark chocolate) mengandung antioksidan dan MUFA (asam lemak tak jenuh tunggal), yang bekerja sangat baik bila dikombinasikan dengan minuman kopi yang mengandung kafein. Campuran kopi dan cokelat hitam juga membantu meningkatkan metabolisme, memberi efek rasa kenyang serta membantu menurunkan berat badan.


Kopi dan cokelat hitam juga membantu memperbaiki suasana hati. Campuran ini juga membantu menekan nafsu makan dan mengurangi tingkat Ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar. Di samping itu, kopi dan cokelat adalah paduan nikmat yang bisa jadi minuman pagi hari.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT