7 Tips Sederhana untuk Cegah Kenaikan BB, Penting Buat Diet

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 08 Okt 2021 06:00 WIB
young woman measuring waist with measuring tape in front of a mirror Foto: iStock
Jakarta -

Bukan hanya menurunkan berat badan, menjaga berat badan agar tetap stabil juga cukup sulit. Tujuh tips sederhana ini bisa dilakukan untuk jaga tubuh tetap ideal.

Menurunkan berat badan memang menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Walaupun sudah melakukan berbagai macam upaya, tidak jarang juga banyak orang yang gagal setelah menerapkan diet ketat.

Menjalani kebiasaan makan yang sehat dan menyeimbangkan aktivitas fisik menjadi kunci utama untuk menjaga berat badan agar tetap seimbang. Memiliki komitmen yang kuat serta keinginan keras juga perlu dibangun agar tidak mudah tergoda dengan makanan ringan dan camilan manis.

Ahli gizi dan praktisi diet menyarankan beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah kenaikan berat badan. Tips-tips ini bahkan telah diuji oleh para ahli dengan melibatkan 3.000 partisipan selama 14 bulan.

Berikut ini 7 tips sederhana menjaga berat badan agar tetap seimbang, menurut The Conversation (1/10):

Keripik kentangFoto: Shutterstock

1. Hindari Keripik Kentang

Keripik kentang rasanya memang sangat enak dijadikan camilan maupun pengganti karbohidrat utama yang tinggi glukosanya. Tetapi keripik kentang justru berbahaya karena mengandung kalori dan garam yang begitu tinggi.

Keripik kentang bahkan dikatakan mengandung ratusan kalori yaitu sekitar 200 kkal dalam tiap porsinya. Para ahli gizi menyarankan alternatif yang lebih baik untuk mengganti keripik kentang, baik sebagai camilan maupun pelengkap makanan dengan sayuran yang lebih bergizi dan tinggi serat.

2. Utamakan Air Putih

Walaupun memiliki rasa yang akan sedikit berbeda, mengubah minuman biasa dan beralih kepada minuman diet akan membantu untuk mengurangi kalori hingga 145 kkal. Setidaknya minuman diet akan diracik sedemikian rupa untuk memiliki nilai kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan minuman biasanya.

Tetapi hingga saat ini belum ada penelitian atau ahli gizi yang mampu membuktikan pengendalian berat badan dapat dilakukan dengan mengganti minuman menjadi minuman diet. Para ahli gizi lebih menyarankan untuk mengganti minuman kemasan dengan air mineral yang sudah jelas tidak mengandung kalori.

Baca juga: Ini 7 Zat Gizi Paling Penting untuk Turunkan Berat Badan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com