Ini 7 Zat Gizi Paling Penting untuk Turunkan Berat Badan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 06 Okt 2021 06:00 WIB
ilustrasi timbangan Foto: thinkstock
Jakarta -

Tiap zat gizi punya manfaat untuk tubuh. Untuk urusan menurunkan berat badan, tujuh zat gizi ini memiliki peranan paling penting.

Nutrisi yang terdapat dalam makanan sangat diperlukan agar fungsi tubuh berjalan dengan normal. Pemenuhan kebutuhannya sangat penting untuk diperhatikan agar tubuh tetap bugar dan kesehatan secara umum tetap terjaga.

Beberapa zat gizi secara khusus memiliki manfaat dan dapat memberikan tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan yang diinginkan untuk tubuh. Mulai dari memberikan energi, menjaga kesehatan organ tubuh, atau bahkan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Para ahli gizi bahkan mengungkapkan beberapa zat gizi penting yang perlu dipenuhi asupannya jika ingin menurunkan berat badan. Zat gizi ini secara alami bisa didapatkan melalui konsumsi makanan-makanan sehat tertentu.

Berikut ini 7 zat gizi penting yang perlu dicukupi untuk turunkan berat badan menurut Food NDTV (13/9):

ilustrasi telurFoto: iStock

1. Protein

Protein menjadi salah satu zat gizi penting yang dibutuhkan saat program menurunkan berat badan. Dibandingkan dengan karbohidrat, protein dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga membantu menghindari konsumsi kalori secara berlebihan.

Protein bisa didapatkan dengan pilihan makanan yang beragam dan cukup mudah untuk didapatkan. Untuk memenuhi asupan protein guna menurunkan berat badan ini kamu bisa mengonsumsi telur, ayam, gandum utuh, daging tanpa lemak dan beberapa bahan makanan lainnya.

2. Serat

Memenuhi kebutuhan serat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kelancaran metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik akan sangat berguna untuk program menurunkan berat badan. Hal ini yang membuat para ahli gizi menyarankan konsumsi serat secara rutin pada setiap waktu makan.

Mencukupi kebutuhan serat sangat berguna untuk meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme yang dampaknya akan menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Serat biasa didapatkan secara alami melalui kacang-kacangan, biji-bijian utuh, sayuran-sayuran hijau serta beberapa bahan makanan lainnya.

Baca juga: 5 Makanan Paling Baik untuk Turunkan Berat Badan, IniDaftarnya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com