Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Tak Mudah Sakit

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 23 Okt 2021 06:00 WIB
jahe Foto: Getty Images
Jakarta -

Beberapa makanan memiliki manfaat sehat dari nutrisinya. Lima makanan ini bahkan dikatakan ahli bisa cegah penyakit dan jaga tubuh agar tetap sehat.

Aktivitas yang padat, istirahat yang kurang maksimal hingga peralihan musim seringkali mengancam kesehatan tubuh. Banyak sekali penyakit yang bisa datang mengganggu ketika tubuh sedang lelah dan kurang fit.

Jika tidak ditangani dengan baik, tubuh yang sakit akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bukan hanya memikirkan cara pengobatannya tetapi mencegah penyakit untuk datang dan menjangkit sangat penting untuk dilakukan.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan dan mendapatkan manfaat dari kandungan gizinya. Setidaknya ada lima bahan makanan yang dinyatakan dapat mencegah penyakit secara alami.

Berikut ini 5 makanan yang bisa dikonsumsi rutin untuk jaga kesehatan menurut Times of India (16/10):

7 Manfaat Susu Almond, Turunkan Berat Badan hingga Sehatkan JantungFoto: Getty Images/Rocky89

1. Almond

Konsumsi kacang almond utuh seringkali dikaitkan dengan manfaat kesehatan karena kandungan gizi, nutrisi dan mineralnya yang padat. Pada sebuah kacang almond utuh mengandung protein, vitamin-vitamin dan mineral; yang sangat penting untuk membangun menguatkan imunitas.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasi pada New England Journal of Medicine diperlihatkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi almond setidaknya tujuh kali dalam seminggu mengalami 20% kasus mortalitas yang lebih rendah. Almond juga ditemukan mengandung nutrien yang kaya seperti zinc, vitamin E, magnesium, riboflavin protein dan berbagai kandungan lain.

Konsumsi kacang almond setidaknya 30 gram atau setara dengan 23 biji almond dikatakan dapat meningkatkan kendali atas gula darah baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kacang almond juga dinilai oleh para ahli kesehatan menjadi alternatif yang paling tepat untuk dicampurkan ke dalam camilan sehat atau dikonsumsi utuh sebagai pengganti camilan yang lebih sehat.

Baca juga: Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com