Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Okt 2021 08:00 WIB
Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/theerani lerdsri
Jakarta -

Pola makan yang membahayakan kesehatan jantung ini perlu dikenali. Mulai dari makan tanpa kondisi 'sadar' dan fokus hingga enggan mengonsumsi makanan-makanan yang memang bagus untuk jantung.

Jantung adalah organ tubuh vital yang perlu dijaga kesehatannya. Jika kesehatan jantung terganggu, kamu bisa mengalami penyakit kardiovaskuler, stroke, dan bahkan kematian sebagai akibat paling fatal.

Kunci utama dari menjaga kesehatan jantung adalah menjalani pola makan sehat. Kemudian hindari pola makan yang justru bakal membahayakan kesehatan jantung.

Salah satunya adalah konsumsi makanan atau minuman manis yang terlalu banyak. Hal ini bisa membuat penumpukan lemak dan gula. Lalu hindari juga makan terlalu banyak karena bisa menaikkan kadar kolesterol dan trigliserida. Semua hal ini merupakan faktor penyebab penyakit jantung.

Mengutip Eat This, Not That (21/10/21), inilah 7 pola makan yang membahayakan kesehatan jantung:

1. Tidak makan banyak serat

Serat adalah zat gizi penting untuk kesehatan, termasuk jantung. "Serat adalah agen detoks alami yang dibutuhkan jantung dan usus. Konsumsi serat telah terbukti menurunkan kolesterol dan mampu menyediakan probiotik di usus, yang mana membantu kesehatan jantung dan tubuh terjaga," kata ahli gizi Sabrina Hernandez.

Daftar makanan kaya serat sangat banyak. Hernandez menyarankan oatmeal, kacang-kacangan, apel, buah citrus, gandum utuh, hingga wortel untuk dikonsumsi sehari-hari.

2. Tidak fokus saat makan

Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan JantungWaspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/theerani lerdsri

Banyak pakar kesehatan menekankan betapa pentingnya mindful eating yaitu makan dengan sadar sehingga kamu bisa lebih mengetahui dan mengontrol asupan kalori. Sebaliknya, Hernandez mengatakan makan secara tidak fokus atau tidak sadar (mindless eating) dimana kamu makan dibarengi kegiatan lain, bakal berdampak buruk untuk kesehatan jantung.

"Ketika kamu fokus saat makan, kami akan merasa lebih memiliki kontrol. Tapi emosi, stress, atau kegiatan sibuk bisa membuat kamu makan dengan tidak sadar sehingga kamu tidak memerhatikan apa atau seberapa banyak makanan yang dikonsumsi," kata Hernandez. Ia mengingatkan hal ini juga bisa membuat kamu makan berlebih dan pada akhirnya mengonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan jantung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com