Diet Pegan, Kombinasi Diet Vegan dan Paleo yang Hits di Tahun 2021

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 28 Mar 2021 05:00 WIB
Diet Pegan, Kombinasi Diet Vegan dan Paleo yang Hits di Tahun 2021 Foto: Getty Images/iStockphoto/vaaseenaa
Jakarta -

Setelah diet vegan dan paleo cukup terkenal, kini hadir diet pegan. Kombinasi dari diet vegan dan paleo ini diklaim bisa sehatkan tubuh dengan fokus konsumsi banyak produk nabati.

Berbicara soal diet, ada banyak ragam diet yang sudah terkenal dan dijalani mereka yang ingin hidup sehat atau menurunkan berat badan.. Perkembangan jenis diet ini semakin hari terus berkembang seiring ditemukannya cara-cara diet terbaru.

Tak jarang, cara-cara diet juga hadir untuk menyesuaikan dengan kondisi kesehatan pelakunya. Misalnya diet vegetarian atau vegan untuk mereka yang alami alergi protein hewani.

Beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah diet vegan dan paleo. Ternyata, baru-baru ini bahkan hadir diet pegan yang merupakan kombinasi dari diet vegan dan paleo. Diet ini banyak disebut pakar akan ngetren di tahun 2021.

Diet Pegan, Kombinasi Diet Vegan dan Paleo yang Hits di Tahun 2021Diet Pegan, Kombinasi Diet Vegan dan Paleo yang Hits di Tahun 2021 Foto: Getty Images/iStockphoto/vaaseenaa

Baca juga: Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purba

Dilansir melalui Shape (25/3), diet pegan memiliki sedikit perbedaan dengan diet vegan dan paleo. Diet pegan membolehkan pelakunya untuk mengonsumsi sejumlah kecil kacang-kacangan dan gandum utuh bebas gluten.

Diet pegan pertama kali diciptakan oleh Dr. Mark Hyman yang juga kepala Strategi dan Inovasi Cleveland Clinic untuk Pengobatan Fungsional. Sebelumnya ia menjalankan praktik diet pegan ini sendiri, kemudian ia berpikir untuk mendeskripsikannya dengan nama Pegan.

"Diet pegan mengombinasikan yang terbaik dari keduanya (paleon dan vegan), menjadi pedoman yang bisa diikuti oleh semua orang," kata Hyman.

Dr. Hyman juga menjelaskan rasanya menjadi pelaku diet pegan dimana fokus konsumsinya 75% bahan makanan nabati. Dalam sehari, Hyman hanya memakan bahan makanan seperti telur dari ayam yang dibesarkan di padang rumput dengan tomat dan alpukat untuk sarapan, salad sayuran dan lemak sehat untuk makan siang, serta ikan dengan sayuran dan seporsi kecil beras hitam untuk makan malam.

Diet Pegan, Kombinasi Diet Vegan dan Paleo yang Hits di Tahun 2021Diet Pegan, Kombinasi Diet Vegan dan Paleo yang Hits di Tahun 2021 Foto: Getty Images/iStockphoto/vaaseenaa

Seperti jenis diet lainnya, diet pegan juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Pada satu sisi, diet ini dianggap sebagai diet yang mengonsumsi sayuran yang menurut para peneliti berkaitan dengan manfaat sehat yang sepenuhnya.

Namun di sisi lainnya, protein yang berasal dari hewani juga dibutuhkan untuk memproduksi zat besi yang dibutuhkan tubuh lebih banyak daripada zat besi yang berasal dari tanaman. Tetapi, untuk lemak sehat, para peneliti mengaitkan lemak tak jenuh tunggal yang ada pada tumbuhan memiliki manfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan dapat membantu menyerap vitamin yang larut dalam lemak.

Baca juga: Hati-hati! Diet Vegan Belum Tentu Sehat Jika Dijalani Tak Seimbang

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com