Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purba

Riska Fitria - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 06:00 WIB
Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purba Foto: iStock
Jakarta -

Sudah mencoba berbagai jenis diet dan selalu gagal? Mungkin kamu cocok dengan diet paleo, jenis diet yang meniru pola makan manusia purba di zaman Paleolitikum.

Banyak orang yang melakukan diet untuk memangkas bobot tubuhnya. Berbagai metode diet pun telah dicoba, mulai dari diet flexitarian, mediterania hingga diet reserve. Namun tak sedikit yang mengalami kegagalan.

Bisa jadi alasannya adalah karena tubuh kamu tidak cocok dengan pola makan modern. Nah, sebagai solusi kamu bisa mengikuti pola makan manusia purba di zaman Paleolitikum.

Metode diet yang disebut sebagai diet paleo tersebut memfokuskan untuk menghindari asupan gula dan kalori. Dengan begitu kamu bisa menurunkan berat badan atau sekadar mempertahankan berat badan ideal saja.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut 5 fakta tentang cara melakukan diet paleo:

1. Apa Itu Diet Paleo?

Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia PurbaCara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purba Foto: iStock

Diet paleo merupakan jenis diet dengan pola makan yang mirip selama era Paleolitikum atau sekitar 2,5 juta tahun hingga 10.000 tahun yang lalu. Karenanya, diet paleo dikenal juga dengan sebutan diet ala manusia purba.

Diet paleo biasanya mencakup daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan-makanan itulah yang dimakan oleh manusia purba dengan cara berburu.

Saat era Paleolitikum, manusia purba tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung dan karbohidrat. Nah, pola makan itulah yang diterapkan dalam diet paleo ini.

Dengan memangkas asupan gula dan karbohidrat, akan membuat asupan energi akan berkurang, sehingga diharapkan akan menurunkan berat badan.

Baca Juga : Disebut Punah Karena Malas, Spesies Homo Erectus Punya Pola Makan Beragam

2. Tujuan Diet Paleo

Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia PurbaCara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purba Foto: iStock

Sebenarnya tujuan diet paleo adalah untuk kembali ke cara makan yang sama dengan apa yang dimakan oleh manusia purba. Pola makan ini dijadikan metode diet karena tubuh manusia secara genetik tidak cocok dengan pola makan modern.

Mungkin itu menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang gagal dalam rencana diet mereka. Semakin berkembangnya zaman, makanan pun mengalami perubahan yang muncul dengan praktik pertanian.

Perubahan pola makan dan diet dapat melampaui kemampuan tubuh beradaptasi. Ketidaksesuaian ini diyakini menjadi salah satu faktor penyebab prevelensi obesitas, diabetes dan penyakit jantung.

Duetpaleo dapat diandalkan untuk membantu menurunkan berat badan. Atau bisa juga untuk menjaga berat badan yang sehat dan ideal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ini Makanan yang Buat Dian Sastro Jatuh Cinta"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com