Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 22 Okt 2021 08:00 WIB
Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung
Foto: Getty Images/iStockphoto/theerani lerdsri

6. Tidak makan makanan yang menyehatkan jantung

Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan JantungWaspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/theerani lerdsri

Kunci utama dari menjaga kesehatan jantung adalah mengonsumsi makanan yang memang sifatnya baik untuk jantung. Hernandez bahkan merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan ini setiap hari.

Jenis makanan yang disukai Hernandez adalah salmon, biji rami (flaxseed), alpukat, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Semua makanan ini bisa dikonsumsi sendiri-sendiri atau dikombinasikan menjadi hidangan lezat. Misalnya roti gandum panggang topping salmon atau smoothie bowl dengan topping kacang.

7. Mengonsumsi makanan yang buruk untuk kesehatan jantung

Setelah mengetahui makanan yang baik untuk kesehatan jantung, kamu juga perlu tahu makanan yang buruk untuk organ vital ini. Salah satunya adalah makanan tinggi lemak dan kolesterol seperti gorengan, daging olahan, dan produk makanan kemasan lainnya.

Hindari juga konsumsi banyak daging merah karena tinggi lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lalu penting membatasi konsumsi soda karena gulanya yang banyak bisa membuat kamu berisiko lebih alami penyakit jantung.


(adr/odi)