Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 22 Okt 2021 08:00 WIB
Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung
Foto: Getty Images/iStockphoto/theerani lerdsri

3. Mengasup terlalu banyak kalori

Mengonsumsi terlalu banyak kalori bisa membahayakan kesehatan jantung, sekalipun kalori berasal dari makanan yang "lebih sehat".

"Asupan kalori berlebih harus disimpan tubuh di suatu tempat, jadi ketika penyimpanan mencapai batas maksimal, kalori merusak tubuh," kata Hernadez. Kelebihan kalori yang tidak diperlukan tubuh ini bakal diedarkan ke aliran darah, yang mana menyebabkan kenaikan kolesterol dan trigliserida," jelasnya. Ia meminta seseorang juga mewaspadai kalori dari asupan makanan sehat, seperti brokoli, salmon, atau bahkan quinoa

4. Terlalu banyak makan makanan manis

Waspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan JantungWaspadai 7 Pola Makan yang Merusak Kesehatan Jantung Foto: Getty Images/iStockphoto/theerani lerdsri

Kudapan manis atau dessert memang menggugah selera, namun memakannya terlalu banyak berisiko buruk bagi kesehatan jantung. Lemak dan gula yang terkandung di dalamnya adalah penyebab penyakit jantung.

Meski begitu, kamu tidak perlu menghindari sama sekali konsumsi makanan manis. Es krim hingga cake bisa dicicipi sekali-kali dalam perayaan spesial atau nikmati bareng teman supaya porsinya tak terlalu banyak.

5. Asal ikut diet keto

Belakangan diet keto semakin populer. Banyak orang ikut menjalaninya tanpa mengetahui dasar-dasar diet ini. Fokus diet ini adalah mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah asupan lemak. Tujuannya agar tercapai kondisi ketosis dimana tubuh bakal membakar lemak sebagai sumber energi utama.

Dr. Juan Rivera, ahli jantung, mengatakan diet keto berisiko membahayakan kesehatan jika tidak dilakukan dengan tepat atau di bawah pengawasan ahli. "Orang-orang malah bisa berakhir makan banyak lemak jenuh yang menyebabkan peningkatan kolesterol buruk yang membahayakan kardiovaskular," kata Dr. Juan. Kalaupun menjalani diet keto, pilih sumber lemak sehat seperti ikan, alpukat, dan kacang-kacangan.