5 Minuman Ini Ampuh Hangatkan Badan dan Cegah Masuk Angin

Devi Setya - detikFood
Selasa, 19 Okt 2021 18:00 WIB
Wedang Uwuh, traditional herb drink from Jogjakarta, Indonesia. Contains a variety of leaves: cinnamon, nutmeg and cloves leaves. Another ingredient is wood from the secang tree, ginger and lump sugar
Foto: iStock

4. Teh pepermint

anti pikun dengan teh peppermint5 Minuman Ini Ampuh Hangatkan Badan dan Cegah Masuk Angin Foto: GettyImages/Telegrah

Masih varian jenis teh, ada juga teh pepermint yang bisa menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, mengusir kembung dan meredakan sakit kepala. Sensasi segar dari teh pepermint paling pas dinikmati hangat. Bisa pagi ataupun sore hari.

Teh peppermint juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, antioksidan, dan antikanker. Tak heran kalau teh ini kerap diandalkan untuk mengobati flu dan batuk. Teh pepermint juga membantu melegakan tenggorokan dan saluran pernapasan.

5. Wedang uwuh

Terakhir ada wedang uwuh yang populer sebagai minuman herbal asal Jawa Tengah. Dalam bahasa Jawa, uwuh berarti sampah. Nama ini merujuk pada tampilan wedang yang dibuat dengan beragam rempah sehingga terlihat seperti sampah.

Meskipun tampilannya tidak menggoda tapi percayalah kalau wedang uwuh punya rasa yang nikmat dan memiliki khasiat bagi tubuh. Wedang uwuh umumnya dibuat dengan campuran aneka rempah mulai dari kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala, sereh hingga kapulaga yang kemudian diguyur air jahe panas.

Untuk membuat rasanya makin enak, wedang uwuh biasa ditambahkan gula batu. Selain mengusir masuk angin, wedang uwuh juga membantu menghilangkan pegal dan melancarkan pencernaan.



Simak Video "Menu Nasi hingga Minuman Herbal Jadi Tren Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)