Tak Makan Nasi? Ini 7 Sumber Karbohidrat yang Cocok Buat Diet

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 17 Okt 2021 06:00 WIB
Oatmeal Foto: Thinkstock
Jakarta -

Saat diet banyak orang yang menghindari asupan karbohidrat. Tujuh sumber karbohidrat pengganti ini bisa jadi solusi bagi pelaku diet agar tetap memenuhi gizi yang dibutuhkan.

Pada saat menjalani diet atau berusaha menurunkan berat badan, banyak orang yang salah kaprah dalam pelaksanaannya. Karbohidrat seringkali dianggap sebagai zat gizi yang dapat menggagalkan proses penurunan berat badan.

Nyatanya karbohidrat justru sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk diubah menjadi glukosa dan juga sebagai bahan utama produksi energi. Para ahli gizi juga tidak menyarankan untuk memangkas habis asupan karbohidrat jika ingin menurunkan berat badan.

Beberapa sumber bahan makanan karbohidrat yang lebih sehat disarankan untuk dikonsumsi sebagai pengganti sumber karbohidrat lainnya. Sehingga bagi para pelaku diet bisa tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut ini 7 sumber karbohidrat yang cocok buat diet menurut Eat This, Not That (15/10):

brokoli awet mudaFoto: GettyImages

1. Brokoli

Bukan hanya makanan alternatif untuk pelaku diet, brokoli juga memang diketahui memiliki beragam manfaat sehat yang sangat baik untuk tubuh. Mulai dari mencegah kanker prostat, kanker payudara, paru-paru hingga kanker kulit. Para ahli juga mengungkapkan bahwa brokoli memiliki fitonutrien yang bernama sulforaphane yang dapat meningkatkan testosteron dan hormon yang menghancurkan lemak di dalam tubuh.

Brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang merupakan salah satu nutrisi penting untuk menurunkan kadar kortisol dan meredakan stres. Vitamin C dan komponen lain yang terdapat pada brokoli juga dinyatakan mampu menjaga otot tubuh tetap seimbang dan tidak tertutup lemak.

2. Bayam

Bukan hanya membantu memproduksi energi, konsumsi bayam juga dikaitkan oleh ahli dengan pembakaran kalori yang lebih efektif. Bayam merupakan sayuran hijau yang diakui memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga mampu memberikan rasa lapar yang lebih lama.

Walaupun mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, kandungan karbohidrat pada bayam terkandung sangat rendah. Hanya 1 gram pada 128 gram bayam mentah. Selain itu bayam juga kaya akan thylakoids, kompoenan yang terbukti secara siginifikan dapat mengatasi lapar dan membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 7 Buah Tinggi Serat Ini Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bakso Viral di Bogor: Bakso Kering Yamin yang Ludes Diserbu "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya