7 Buah Tinggi Serat Ini Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 16 Okt 2021 05:00 WIB
star fruit and piece with its flower and leaf on old wood Foto: Istimewa
Jakarta -

Konsumsi serat sangat dibutuhkan dalam penurunan berat badan. Tujuh buah tinggi serat ini disebut ampuh membantu turunkan berat badan dengan cepat.

Serat merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan. Mulai dari menjaga kelancaran fungsinya hingga membantu menurunkan berat badan. Kesehatan pada saluran pencernaan memang diketahui sangat bergantung dengan konsumsi serat yang tercukupi.

Serat bisa didapatkan dengan berbagai asupan bahan makanan alami utuh. Misalnya seperti buah-buahan dan sayur-sayuran segar atau biji-bijian utuh seperti gandum. Menurut standar gizi BPOM, asupan minimal serat yang harus dikonsumsi orang dewasa adalah 25 gram pada wanita dan 38 gram pada pria dewasa.

Dari batas harian asupan serat yang ditentukan, melalui penelitian selama 40 tahun belum ditemukan bahwa rata-rata orang sudah memenuhi asupan serat yang mencukupi. Berdasarkan temuan para peneliti, rata-rata orang dewasa hanya mengonsumsi serat sebanyak 25 hingga 29 gram per hari.

Berikut ini 7 buah tinggi serat untuk bantu turunkan berat badan menurut Byrdie (18/8):

ilustrasi manggaFoto: thinkstock

1. Mangga

Buah eksotis yang harum aromanya ini memiliki manfaat secerah warnanya. Mangga yang biasa ditemukan di Indonesia dengan sangat mudah ternyata mengandung hingga 5,4 gram serat yang membuatnya masuk ke dalam kategori buah tinggi serat yang direkomendasikan.

Tetapi perlu diwaspadai karena kandungan gula dalam sebuah mangga juga cukup tinggi. Jika ingin mendapatkan manfaat menguntungkan dari kandungan seratnya yang begitu tinggi sebaiknya tidak mengonsumsi mangga terlalu banyak. Walaupun bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan kulit tetapi tetap perhatikan jumlah asupannya.

2. Pir

'Saudara kembar' apel yang sama-sama tinggi kandungan airnya ini juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan yang sangat baik. Buah pir juga termasuk ke dalam daftar buah-buahan tinggi serat yang direkomendasikan ahli.

Dalam sebuah pir terkandung hingga 5,5 gram serat. Untuk memaksimalkan asupan serat para ahli menyarankan untuk menggabungkan buah bir bersamaan dengan sayuran-sayuran hijau agar menambahkan kandungan seratnya.

Baca juga: 3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com