ADVERTISEMENT

7 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Teruji Ilmiah

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 15 Okt 2021 07:00 WIB
ilustrasi diet
Foto: iStock
Jakarta -

Menurunkan berat badan tidak semudah yang dibayangkan. Tujuh tips alami menurunkan berat badan ini dinilai ampuh dan telah terbukti secara ilmiah.

Bentuk tubuh yang ideal dengan berat badan yang seimbang begitu diidam-idamkan banyak orang, termasuk kaum hawa. Sayangnya, menurunkan berat badan bukan hanya sekadar menjalankan diet sehat saja.

Menurunkan berat badan bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Seringkali diet ketat sekalipun bisa saja gagal dan hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Menjalankan kebiasaan hidup yang baik dan sehat menjadi kunci utama untuk menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap stabil. Sayangnya banyak orang yang kerap melakukan kesalahan saat berusaha mempertahankan berat badan.

Ternyata ada tips untuk menurunkan berat badan secara alami yang disarankan oleh para peneliti. Tips ini bahkan telah teruji secara ilmiah efektivitasnya untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini 7 tips alami yang teruji ilmiah untuk menurunkan berat badan menurut Healthline:

dada ayamFoto: iStock

1. Tambahkan Asupan Protein

Jika berkaitan dengan menurunkan berat badan, protein merupakan sumber gizi yang paling penting fungsinya. Saat mencerna asupan protein yang masuk ke dalam tubuh, tubuh akan secara langsung membakar lemak untuk metabolisme protein yang baru saja dikonsumsi. Bahkan konsumsi protein dikatakan oleh ahli bisa membakar 80 hingga 100 kalori dalam satu waktu.

Konsumsi makanan tinggi protein juga dikaitkan dengan rasa kenyang yang akan lebih lama sehingga mampu membantu untuk menekan nafsu makan yang berlebih. Hasil ini bahkan telah terbukti pada beberapa penelitian yang menemukan orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak protein cenderung mengonsumsi 400 kalori lebih rendah dibandingkan yang tidak banyak konsumsi protein.

2. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan menjadi musuh utama yang wajib dihindari jika ingin menurunkan berat badan. Makanan olahan memiliki kandungan tambahan seperti gula, lemak hingga kalori yang begitu tinggi.

Makanan olahan diungkap oleh para ahli sengaja dibuat dengan bahan-bahan yang membuat ketagihan atau bersifat adiktif sehingga konsumen ingin terus makan makanan tersebut. Bahkan para ahli juga mengungkapkan bahwa makanan olahan direkayasa agar konsumennya mengonsumsi makanan tersebut sebanyak mungkin.

Baca juga: Ini 7 Kombinasi Makanan yang Bikin Kamu Cepat Langsing

3. Siapkan Makanan dan Camilan Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang disimpan di rumah sangat berdampak besar pada pengelolaan berat badan dan kebiasaan makan. Menyediakan simpanan makanan dan camilan sehat yang banyak di rumah akan secara tidak langsung membantu memperbaiki kebiasaan makan menjadi lebih baik.

Beberapa camilan sehat bisa dibuat dengan mudah untuk disimpan di rumah dan tinggal dibawa saat akan bepergian. Misalnya seperti kreasi hidangan dari yogurt, buah-buahan utuh, kacang-kacangan, wortel atau bahkan telur rebus.

4. Batasi Konsumsi Gula

human hand with white sugar packet and pouring in hot black coffee , in soft focushuman hand with white sugar packet and pouring in hot black coffee , in soft focus Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratana21

Konsumsi gula terlalu banyak dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya seperti sakit jantung, diabetes tipe 2 hingga kanker. Menurut penelitian para ahli, rata-rata orang dewasa diketahui mengonsumsi hingga 15 sendok teh gula setiap harinya.

Konsumsi gula perlu diwaspadai karena seringkali tersembunyi dalam berbagai makanan olahan. Banyak orang yang secara tidak sadar mengonsumsi terlalu banyak gula melalui pola makan yang tidak sehat. Banyaknya istilah yang digunakan untuk menyebut gula juga seringkali menyembunyikan gula dalam makanan-makanan kemasan yang cukup berbahaya jika tidak dikendalikan asupannya.

5. Hindari Minuman Berkalori

Tidak hanya melalui makanan, kalori juga bisa masuk dan menumpuk melalui konsumsi minuman yang tidak diperhatikan. Konsumsi terlalu banyak minuman kemasan bahkan jus kemasan sekalipun tidak dikatakan oleh para ahli sebagai minuman yang sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 60% obesitas secara drastis pada anak-anak disebabkan oleh kebiasaan minum minuman kemasan. Para ahli sangat menyarankan untuk mengonsumsi air putih atau air mineral lebih banyak dibandingkan harus mengonsumsi minuman kemasan.

6. Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang begitu tinggi. Secara rutin minum teh hijau dikaitkan dengan manfaat kesehatan tubuh berupa pembakaran lemak hingga penurunan berat badan yang lebih cepat.

Teh hijau juga dapat membantu menghasilkan energi hingga 4% dan membantu pembakaran lemak menjadi lebih efektif hingga 17%. Konsumsi teh hijau ataupun seduhan matcha tanpa pemanis diklaim sangat ampuh untuk membantu membakar lemak dan menurunkan berat terutama pada pemupukan lemak di bagian perut.

Ilustrasi Buah dan SayurFoto: shutterstock

7. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan bahan makanan yang manfaat kesehatannya tidak perlu diragukan lagi. Buah-buahan dan sayur-sayuran juga menjadi bahan makanan yang begitu disarankan untuk menurunkan berat badan.

Tinggi akan kandungan air, nutrisi dan serat, hingga kandungan kalorinya yang sangat rendah menjadi manfaat yang bisa didapatkan melalui konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang makan buah-buahan dan sayur-sayuran lebih banyak cenderung akan memiliki berat badan yang lebih ringan.

Baca juga: Buat yang Diet, Ini Minuman Rendah Kalori Penurun BB Menurut dr. Zaidul Akbar



Simak Video " Mengulik Lokasi Rossy Baking Center, Surganya Pecinta Kue"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT