Buat yang Diet, Ini Minuman Rendah Kalori Penurun BB Menurut dr. Zaidul Akbar

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 05 Okt 2021 05:00 WIB
Buat yang Diet, Ini Minuman Rendah Kalori Penurun BB Menurut dr. Zaidul Akbar Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Menurunkan berat badan bukan hal yang mudah. Minuman ini diakui oleh dr. Zaidul Akbar mengandung kalori yang rendah dan bantu penurunan berat badan.

Menurunkan berat badan bukan sekadar diet menahan hawa nafsu untuk makan atau olahraga keras. Mengatur asupan kalori dari makanan dan minuman juga penting untuk dilakukan.

Mengganti bahan-bahan yang tinggi kalori dengan yang lebih rendah kalorinya adalah salah satu siasat. Bahkan pada buah-buahan yang cenderung mengandung gula tinggi bisa diganti dengan beberapa pilihan herbal yang lebih rendah kalorinya.

Untuk menjaga asupan kalori melalui minuman, dr. Zaidul Akbar juga mengungkapkan cara meracik minuman yang rendah kalori. Bahkan ada beberapa buah yang diungkapkan mengandung glukosa cukup tinggi dan cukup mengkhawatirkan kandungan kalorinya.

Buat yang Diet, Ini Minuman Rendah Kalori Penurun BB Menurut dr. Zaidul AkbarBuat yang Diet, Ini Minuman Rendah Kalori Penurun BB Menurut dr. Zaidul Akbar Foto: Getty Images/iStockphoto

Pada unggahan akun YouTube resminya, dr. Zaidul Akbar menyampaikan bahwa infused water tergolong dalam minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun bukan infused water yang menggunakan buah-buahan manis seperti nanas atau semangka.

Baca juga: dr Zaidul Akbar Sebut Kandungan Tomat Bisa Cegah Kanker Prostat

"Kalo minum infused water dari nanas, sama infused yang isinya kayu manis itu beda kandungan kalorinya," kata dr. Zaidul Akbar.

Nanas dan semangka memang buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami dan mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Tetapi akan lebih baik jika menggantinya dengan beberapa herbal dan rempah.

dr. Zaidul Akbar lebih menyarankan untuk mengonsumsi infused water yang ditambahkan bumbu dapur seperti kayu manis, ketumbar atau jahe. Selain dapat membantu memberikan energi, bahan-bahan ini juga dinilai memiliki kandungan kalori yang lebih rendah.

Buat yang Diet, Ini Minuman Rendah Kalori Penurun BB Menurut dr. Zaidul AkbarBuat yang Diet, Ini Minuman Rendah Kalori Penurun BB Menurut dr. Zaidul Akbar Foto: Getty Images/iStockphoto

"Kalau yang Anda minum kayu manis, ketumbar atau jahe, maka Anda akan mengurangi asupan kalori yang masuk," kata dr. Zaidul Akbar.

Selain menyarankan untuk mengganti beberapa bahan infused water, dr. Zaidul Akbar juga merekomendasikan untuk sarapan dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Beliau menyarankan jika tak ada rempah bisa juga diganti dengan teh hijau hangat tanpa bahan tambahan.

"Konsumsi beberapa jenis makanan yang tidak membebani tubuh kita. Misalnya teh hijau. Teh hijau kalorinya rendah, hampir tidak ada kalorinya," kata dr. Zaidul Akbar.

Tetapi jika mengonsumsi teh hijau dikatakan justru akan membuat tubuh merasa cepat lapar. Porsi sarapan yang sedikit tersebut berguna untuk menekan rasa lapar yang datang setelah mengonsumsi teh hijau di pagi hari.

Mengatur asupan makan untuk mengendalikan kalori memang sangat penting fungsinya. Jika tidak, berat badan akan sulit dikendalikan.

Baca juga: 5 Minuman Rempah yang Menyehatkan ala Rasulullah SAW



Simak Video "Masak Masak: Resep Sandwich Sapi Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com