7 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Teruji Ilmiah

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 15 Okt 2021 07:00 WIB
ilustrasi diet
Foto: iStock

3. Siapkan Makanan dan Camilan Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang disimpan di rumah sangat berdampak besar pada pengelolaan berat badan dan kebiasaan makan. Menyediakan simpanan makanan dan camilan sehat yang banyak di rumah akan secara tidak langsung membantu memperbaiki kebiasaan makan menjadi lebih baik.

Beberapa camilan sehat bisa dibuat dengan mudah untuk disimpan di rumah dan tinggal dibawa saat akan bepergian. Misalnya seperti kreasi hidangan dari yogurt, buah-buahan utuh, kacang-kacangan, wortel atau bahkan telur rebus.

4. Batasi Konsumsi Gula

human hand with white sugar packet and pouring in hot black coffee , in soft focushuman hand with white sugar packet and pouring in hot black coffee , in soft focus Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratana21

Konsumsi gula terlalu banyak dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya seperti sakit jantung, diabetes tipe 2 hingga kanker. Menurut penelitian para ahli, rata-rata orang dewasa diketahui mengonsumsi hingga 15 sendok teh gula setiap harinya.

Konsumsi gula perlu diwaspadai karena seringkali tersembunyi dalam berbagai makanan olahan. Banyak orang yang secara tidak sadar mengonsumsi terlalu banyak gula melalui pola makan yang tidak sehat. Banyaknya istilah yang digunakan untuk menyebut gula juga seringkali menyembunyikan gula dalam makanan-makanan kemasan yang cukup berbahaya jika tidak dikendalikan asupannya.

5. Hindari Minuman Berkalori

Tidak hanya melalui makanan, kalori juga bisa masuk dan menumpuk melalui konsumsi minuman yang tidak diperhatikan. Konsumsi terlalu banyak minuman kemasan bahkan jus kemasan sekalipun tidak dikatakan oleh para ahli sebagai minuman yang sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 60% obesitas secara drastis pada anak-anak disebabkan oleh kebiasaan minum minuman kemasan. Para ahli sangat menyarankan untuk mengonsumsi air putih atau air mineral lebih banyak dibandingkan harus mengonsumsi minuman kemasan.



Simak Video "Ekspresi Ronaldinho yang Ketagihan Makan Pangsit di Rumah Raffi"
[Gambas:Video 20detik]