Masya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk Pencernaan

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 10 Okt 2021 05:00 WIB
Masya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk Pencernaan Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bukan hanya menghasilkan energi, makan kurma ternyata juga baik untuk pencernaan. dr. Zaidul Akbar menjelaskan kurma bisa bantu perkembangan bakteri baik dalam usus.

Pada saluran pencernaan, usus memiliki peran yang sangat besar. Nutrisi makanan akan diserap pada usus sedangkan sisanya akan dialirkan dan dibuang melalui anus.

Fungsi penting usus dalam pencernaan ini tentunya perlu diimbangi dengan asupan-asupan yang baik untuk menjaga kesehatan usus. Terutama makanan-makanan yang memiliki peran untuk membantu perkembangan bakteri baik pada usus perlu diperhitungkan.

Salah satu makanan yang disunnahkan dalam Islam ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi bakteri di dalam usus. Adalah kurma, buah manis berwarna cokelat yang diakui punya seribu manfaat kesehatan.

Masya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk PencernaanMasya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk Pencernaan Foto: Getty Images/iStockphoto

dr. Zaidul Akbar melalui akun YouTube resminya (4/10) mengatakan bahwa pentingnya menjaga usus karena usus terhubung dengan otak. Kesehatan usus dinilai menjadi dasar utama untuk menjaga kesehatan fungsi otak agar dapat bekerja dengan normal.

"Antara usus dan otak itu saling terhubung, namanya GBA atau Gut-Brain Axis. Jadi menjaga kesehatan usus itu penting dan berkaitan dengan menjaga kesehatan sistem saraf yaitu otak," kata dr. Zaidul Akbar.

Baca juga: Cara Membuat Kopi Biji Kurma dan Manfaat Sehatnya

Untuk mendapatkan hubungan antara usus dan otak yang baik diperlukan bakteri baik yang sehat dengan lingkungan usus yang juga terjaga. Rutin makan kurma dan air putih dinilai oleh dr. Zaidul Akbar menjadi salah satu cara yang paling besar dampaknya untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

Masya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk PencernaanMasya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk Pencernaan Foto: Getty Images/iStockphoto

Secara medis, fungsi kurma untuk menjaga kesehatan juga diakui melalui kandungan fenoleatnya. Konsumsi kurma sebanyak 25 gram-30 gram per hari bahkan diketahui sangat baik untuk mengatasi keluhan pencernaan seperti diare maupun sembelit.

Kandungan dalam kurma juga diakui sangat baik untuk membantu membersihkan usus dan mencegah risiko kanker usus. Di dalam kurma terdapat juga kandungan nikotin alami yang ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan usus.

Kurma terbukti bisa membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Berbagai kandungan dan komponen yang ada di dalam kurma ini memang telah terbukti baik secara medis maupun diakui oleh ajaran Islam.

Baca juga: Kurma Buah Favorit Rasullulah SAW Bisa Diolah Jadi Susu Kurma, Ini Caranya!



Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com