Bisa Ditiru! 5 Pola Makan Ini Bikin Imunitas Tetap Kuat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 09 Okt 2021 05:00 WIB
Apa Benar Makan Salad Bikin Kurus? Ini Kata Pelatih Kebugaran Foto: Getty Images/Xsandra

4. Cegah stress dan jangan kurang tidur

7 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bikin Lebih Cepat LangsingFoto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov

Selain makanan, imunitas tubuh yang kuat juga dipengaruhi banyak hal. Pakar dari Harvard Medical School menyebut kamu sebaiknya rutin olahraga, mengurangi stress, dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Kemudian hindari merokok dan minum minuman alkohol secukupnya saja. Tak ketinggalan memastikan tidur yang cukup. Manfaat cukup tidur sangat banyak untuk kesehatan.

Dr. Richard K. Bogan, seorang pakar tidur, mengatakan orang dewasa rata-rata butuh 7,5 jam sampai 9 jam untuk tidur. "Tidur penting untuk fungsi sistem imun dan hormon tubuh berfungsi dengan normal. Kekurangan tidur atau otak yang mengantuk adalah otak yang lapar. Kualitas tidur yang buruk bisa memicu kenaikan berat badan," katanya.

5. Manfaat lain dari pola makan sehat

Vitamin D dan C bukan satu-satunya mikronutrien yang penting untuk kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sebenarnya sistem proses rumit, yang didukung oleh berbagai nutrisi dengan cara yang kompleks.

Meski begitu, mengonsumsi makanan yang bervariasi seperti sumber makanan nabati, protein sehat, dan lemak baik dapat membantu memastikan kamu mendapatkan semua nutrisi tersebut. Plus, pola makan sehat dapat menurunkan risiko kondisi kronis yang membebani kekebalan tubuh, termasuk obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com