Bisa Ditiru! 5 Pola Makan Ini Bikin Imunitas Tetap Kuat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 09 Okt 2021 05:00 WIB
Apa Benar Makan Salad Bikin Kurus? Ini Kata Pelatih Kebugaran Foto: Getty Images/Xsandra

2. Mengasup sumber vitamin C

5 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19Foto: iStock

Vitamin C adalah 'bodyguard' penting untuk sistem imun tubuh. "Vitamin C berkontribusi pada pertahanan kekebalan dengan mendukung berbagai fungsi seluler dari sistem kekebalan bawaan dan adaptif," tulis para peneliti di balik studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

Mereka juga mengatakan, "Kekurangan vitamin C mengakibatkan gangguan kekebalan dan kerentanan yang lebih tinggi terhadap infeksi. Suplementasi dengan vitamin C tampaknya mampu mencegah dan mengobati infeksi pernapasan dan sistemik."

Sumber makanan tinggi vitamin C antara lain buah jeruk, paprika, aneka buah berry, dan sayuran seperti brokoli dan kembang kol. Buah dan sayur ini bisa dimakan langsung atau diolah menjadi beragam hidangan enak.

3. Jangan lupakan vitamin D

Vitamin D juga terbukti penting dalam pola makan untuk menguatkan imunitas tubuh. Kamu bisa mengasup vitamin D dari salmon, ikan mackerel, kuning telur, hati ayam/sapi, hingga susu yang difortifikasi.

"Studi laboratorium menunjukkan bahwa vitamin D dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker, membantu mengendalikan infeksi dan mengurangi peradangan," kata Harvard T.H. Chan School of Public Health. National Institutes of Health juga mencatat bahwa vitamin D membantu mengatur fungsi kekebalan tubuh.

Selain lewat makanan, mengonsumsi suplemen vitamin D juga disebut bagus oleh pakar. Namun untuk diagnosis dan takaran yang lebih pasti, kamu bisa konsultasi dengan dokter lebih dulu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com