ADVERTISEMENT

7 Tips Sederhana untuk Cegah Kenaikan BB, Penting Buat Diet

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 08 Okt 2021 06:00 WIB
young woman measuring waist with measuring tape in front of a mirror
Foto: iStock

3. Pilih Americano Dibandingkan Latte

Di Korea Selatan, americano menjadi minuman yang populer karena dapat memberikan energi yang instan dengan kadar kalori rendah dan bahkan tidak ada kalorinya. Sedangkan pada secangkir kopi latte masih ditambahkan beberapa bahan tambahan seperti susu atau bahkan pemanis.

Walaupun dipercaya bergizi dan sehat, susu juga mengandung kalori tambahan hingga 186 kalori. Alasan bahan tambahan tersebut yang kemudian menjadi alasan para ahli gizi menyarankan lebih baik mengonsumsi americano dibandingkan kopi latte terlalu sering.

4. Kurangi Penggunaan Minyak

Bottles Of Olive OilBottles Of Olive Oil Foto: thinkstock

Penggunaan minyak saat memasak juga sangat memengaruhi kandungan kalori dalam sebuah hidangan makanan. Bukan dari jenisnya melainkan jumlah penggunaannya dalam sebuah makanan. Minyak zaitun atau olive oil yang dinilai sehat sekalipun dapat memberikan efek yang kurang sehat jika digunakan terlalu banyak.

Satu sendok makan minyak zaitun dapat menambahkan hingga lebih dari 100 kalori. Jadi jika tidak ingin mengonsumsi terlalu banyak kalori coba untuk mulai mengganti minyak dengan jenis yang lebih sehat dan perhatikan kadar penggunaannya untuk tidak lebih dari satu sendok makan.

5. Jangan Langsung Habiskan Hidangan Manis

Kebanyakan orang tidak sadar saat menghabiskan makanan manis yang disajikan di hadapannya. Padahal di balik ketidaksadaran tersebut, ada ancaman penumpukan kalori berlebih yang sangat memengaruhi berat badan.

Cukup habiskan setengah saja dari hidangan manis yang disajikan di hadapanmu dan simpansebagiannya lagi untuk dinikmati di waktu lain. Pasalnya mengurangi sedikit hidangan manis seperti cokelat kemasan misalnya sudah bisa membantu mengurangiasupan kalori hingga 120 kalori.



Simak Video "Bikin Laper: Lembutnya Es Krim yang Lagi Viral di Kelapa Gading"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT