6 Manfaat Minum Es Kopi, Bikin Gigi Sehat dan Ereksi Kuat

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 07 Okt 2021 08:36 WIB
Manfaat minum es kopi
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tak banyak yang mengetahui kalau es kopi memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya dapat menjaga kesehatan gigi dan ereksi lebih tahan lama.

Kopi diketahui sebagai minuman sehat karena mengandung zat antioksidan yang tinggi. Sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga imunitas hingga menunrunkan berat badan.

Tak hanya kopi hitam panas saja yang baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga yang disajikan menggunakan es. Memang belum banyak yang mengetahuinya, namun es kopi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Ask Men (21/9), selain menyegarkan es kopi juga menyehatkan. Ternyata, es kopi juga memberikan manfaat yang serupa dengan kopi hitam biasa. Di antaranya bermanfaat dalam kesehatan gigi hingga mengontrol tekanan darah.

Berikut 6 manfaat es kopi untuk kesehatan tubuh.

1. Kafein Mudah Terserap

Manfaat minum es kopiManfaat minum es kopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Kopi mengandung kafein yang tinggi. Menurut USDA, dalam 100 gram kopi mengandung 40 miligram kafein. Kafein dapat memberikan efek bagi tubuh, terutama kesehatan otak.

Kalau mengonsumsi es kopi, ternyata kandungan kafeinnya mudah terserap dalam aliran darah sampai ke otak. Hal ini dapat meningkatkan aktivitas otak lebih cepat dan menyebabkan pelepasan hormon yang dapat memperkuat sistem saraf, memperbaiki mood, dan juga fokus.

2. Ereksi Jadi Tahan Lama

Zat antioksidan yang terdapat pada kopi ternyata tak hanya melindungi kesehatan otak dan jatung saja, tapi juga sistem reproduksi. Menurut Heater Hanks ahli gizi dengan USA Rx menyebutkan kalau zat antioksidan dalam kopi dapat membantu meningkatkan aliran darah yang mengarah pada kesehatan seksual.

"Secara khusus, antioksidan dalam kopi dapat membantu meningkatkan aliran darah yang mengarah pada ereksi yang tahan lama dan meningkatkan kesehatan seksual," ujar Hanks.

"Pastikan untuk menghindari menambahkan gula ke kopi karena banyak minuman es mengandung pemanis, susu, dan aditif tidak sehat lainnya yang dapat memiliki efek sebaliknya," lanjutnya.

Baca Juga: Jualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per Hari

3. Baik untuk Kesehatan Gigi

Manfaat minum es kopiManfaat minum es kopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Sebagian orang menghindari konsumsi kopi karena dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Namun, ternyata kalau mengonsumsi es kopi tak seburuk itu. Karena es kopi memiliki kandungan asam yang lebih sedikit.

"Cold brew dan es kopi memiliki kandungan asam yang rendah, tergantung dengan jenis kopi yang kamu gunakan," kata Heather Calatrello, founder dari Coffee Saves.

"Sebuah studi juga menunjukkan kalau kandungan asam pada cold brew 67% lebih rendah. Karena alasan ini, mengonsumsi cold brew atau es kopi dapat memberikan manfaat pada gigi," lanjutnya.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Banyak orang menghindari kopi karena salah satu efeknya yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Karena efek kafein dapat menyebabkan seseorang terjaga dari tidur.

Namun, es kopi malah dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Es kopi yang kamu konsumsi dapat membuat tidur lebih lama 10-15 menit setiap hari. Sehingga kamu tak mudah lelah karena kurang tidur.

Baca Juga: Jadi Korban Santet, Makanan di Warkop Ini Selalu Basi dan Busuk

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat minum es kopiManfaat minum es kopi Foto: Getty Images/iStockphoto

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit kronis yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Oleh karenanya, tekanan darah harus tetap stabil agar selalu sehat.

Es kopi dapat dikonsumsi untuk menstabilkan tekanan darah. Karena es kopi lebih segar dan mengandung kafein yang rendah. "Itulah mengapa es kopi adalah pilihan yang lebih baik bagi mereka yang lesu setelah minum secangkir kopi kental. Es kopi berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh yang membantu dalam menstabilkan tekanan darah," ujar Jamie Hickey, barista bersertifikat dan founder Coffee Semantics.

6. Turunkan Risiko Diabetes

Penderita diabetes memiliki banyak pantangan makanan dan minuman, terutama yang mengandung gula tinggi. Es kopi menjadi salah satu minuman yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Karena es kopi tidak mengandung gula. Sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Manfaat es kopi untuk menurunkan risiko diabetes dijelaskan dalam sebuah studi.

Baca Juga: Indomie Goreng Jadi Mie Instan Terbaik Versi NY Magazine



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)