Jualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per Hari

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 04 Okt 2021 08:00 WIB
Jualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per Hari
Foto: detikcom/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Tempat makan soto di Bogor ini enak buat sarapan. Lokasinya terbilang 'ngumpet' di pemukiman warga dan berada di pinggir kali. Omzetnya mencapai Rp 5 juta per hari.

Kota Bogor, Jawa Barat, salah satu kawasan yang banyak menawarkan tempat makan soto enak. Seperti tempat makan soto kuning dan soto mie yang menjadi makanan khas Bogor.

Kalau sedang berlibur ke Bogor, Jawa Barat, jangan lewatkan untuk menikmati semangkuk hangat soto. Ada tempat makan soto enak yang lokasinya terbilang 'ngumpet'. Karena berada di pemukiman warga dan pinggir kali.

Bukan tempat makan yang luas dan nyaman, melainkan kaki lima berupa warung tendaan. Namanya Soto Mang Bonin yang sudah eksis sejak tahun 1987.

Penasaran dengan rasanya, kami mencoba semangkuk soto daging yang hangat gurih dari Soto Mang Bonin. Bagaimana rasanya?

Legendaris Sejak 1987

Jualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per HariJualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per Hari Foto: detikcom/Yenny Mustika Sari

Walaupun berada di pemukiman warga, namun Soto Mang Bonin ternyata sudah legendaris di Bogor. Sudah ada sejak tahun 1987 yang saat itu didirikan oleh ayah dari Mang Bonin. Dulunya, ayah Mang Bonin menjualnya secara keliling dari kampung ke kampung.

Kemudian, pada tahun 1995 Mang Bonin meneruskan usaha milik ayahnya tersebut hingga saat ini. Sekarang, Soto Mang Bonin menempati lapak kaki lima berupa warung tenda di samping kali. Lokasinya berada di Jalan Semboja No. 38, Bogor Tengah, Jawa Barat.

Kepada detikFood (1/10), Dadang selaku keponakan dari Mang Bonin yang bekerja di warung tersebut menceritakan sejarah berdirinya Soto Mang Bonin yang saat ini tersohor kelezatannya.

"Dari tahun 87 tuh bapaknya Mang Bonin. Nah, sampai tahun 95 Mang Bonin baru mulai ke dapur sampai sekarang," ujar Dadang.

"Kalau dulu paling tendanya (warung) pakai roda nggak yang kayak gini (warung tenda). Terus juga ngga seluas ini karena banyak dari konsumen minta dilebarin. Dulu sempat keliling dulu juga Mang Boninnya," lanjut Dadang.

Baca Juga: 'Ngumpet' di Tanah Abang, Warung Ini Punya Asam Padeh Tunjang Jumbo Enak

Hanya Tawarkan Satu Menu

Jualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per HariJualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per Hari Foto: detikcom/Yenny Mustika Sari

Warung Soto Mang Bonin hanya menawarkan satu menu saja, yaitu soto daging dengan kuah kaldu bening yang gurih segar. Tipe soto dagingnya juga unik, karena dikombinasikan seperti soto mie Bogor.

Satu porsi soto daging hanya berupa potongan daging sapi, keroket (risol bihun), dan kuah bening saja. Konsepnya mirip soto mie Bogor, hanya saja tidak ditambahkan mie kuning, kol, tomat, dan kondimen lainnya.

Dadang menjelaskan kalau jenis soto daging ini lebih disukai oleh pelanggan. Dulunya, Soto Mang Bonin juga menawarkan soto mie Bogor pada umumnya, namun kurang diminati.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Soto Daging Sapi yang So Easy!"
[Gambas:Video 20detik]