5 Pola Makan Sehat Sesuai Perubahan Zaman

Devi Setya - detikFood Rabu, 06 Okt 2021 08:30 WIB
Detox Water with citruses and rosemary Foto: Getty Images/iStockphoto

4. Mengurangi karbohidrat

Banyak orang mengurangi karbohidrat dalam asupan makanannya. Padahal karbohidrat sangat penting untuk menunjang energi pada tubuh. Karbohidrat berada pada hampir semua jenis makanan seperti buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Karbohidrat sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar. "Tanpa karbohidrat kompleks, kita mungkin merasa lesu, pusing, dan rendah energi. Selain itu, diet rendah karbohidrat biasanya menghasilkan asupan protein hewani yang lebih tinggi, yang dapat meningkatkan jumlah lemak jenuh dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan masalah seperti penyakit jantung."

Perbedaaan antara karbohidrat dan protein5 Pola Makan Sehat Sesuai Perubahan Zaman Foto: Getty Images/iStockphoto

5. Makanan rendah lemak

Mengasup makanan dengan lemak rendah bukan berarti akan membuat tubuh lebih sehat. Justru diet rendah lemak akan membuat tubuh kehilangan nutrisi penting.

"Lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan meningkatkan faktor risiko terkait seperti kolesterol darah total dan LDL, tekanan darah, dan peradangan. Minyak tumbuhan juga menyediakan nutrisi penting, seperti vitamin E, untuk membantu membangun dan menjaga sel-sel di dalam tubuh," katanya.

Bijaklah dalam mengasup lemak, pilih lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat atau ikan salmon yang mengandung asam lemak tak jenuh serta omega 3. Yang perlu dikurangi adalah asupan lemak berlebih yang berasal dari daging merah atau junkfood.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Sensasi Dine In 30 Menit Pas PPKM, Gimana Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com