5 Pola Makan Sehat Sesuai Perubahan Zaman

Devi Setya - detikFood Rabu, 06 Okt 2021 08:30 WIB
Detox Water with citruses and rosemary Foto: Getty Images/iStockphoto

2. Detox untuk membersihkan sistem pencernaan

Sudah lama detox diandalkan sebagai cara untuk membersihkan tubuh dari racun. Padahal menurut Rossi, organ seperti ginjal dan hati sebenarnya tidak membutuhkan jus mahal yang biasa digunakan untuk detox.

"Membuat jus menghilangkan serat yang menyehatkan usus dari buah dan sayuran. Selain itu, diet ketat dapat membuat tubuh Anda kelaparan karena asupan karbohidrat dan nutrisi lain tidak terpenuhi.

Diet detoks dapat memicu perasaan mual, lemah, dehidrasi, dan sensitif. Jadi saat ini banyak ahli gizi yang menyebutkan bahwa detoks tidak perlu dilakukan.

7 Pola Makan untuk Perut Sixpack Ini Gampang Dicontek5 Pola Makan Sehat Sesuai Perubahan Zaman Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined

3. Pilih makanan beragam

"Fokuslah pada makanan yang seimbang dan bervariasi yang kaya serat, rasa, dan mengandung berbagai nutrisi," kata Rossi.

Ada metode makan yang dikenal dengan sebutan MyPlate, metode terbaru yang direkomendasikan oleh USDA yang memvisualisasikan seperti apa komposisi makanan yang seimbang. "Sepiring makanan terdiri dari setengah porsi sayuran, seperempat protein tanpa lemak, dan seperempat karbohidrat," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sensasi Dine In 30 Menit Pas PPKM, Gimana Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com