Sering Nyeri Sendi? Coba Konsumsi 7 Makanan Kaya Omega 3 dan Antioksidan Ini

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 06 Okt 2021 05:00 WIB
Woman holding wirst. Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa makanan diketahui dapat membantu mengatasi beberapa penyakit. Seperti tujuh makanan ini yang ampuh atasi nyeri sendi.

Ben Franklin, selaku ahli kesehatan tulang, mengatakan bahwa menjalani pola makan yang sehat dan kebiasaan berolahraga yang baik sangat mendukung kesehatan tulang dan sendi. Terutama pada orang dewasa menjaga pola hidup yang sehat setiap hari diakui sangat penting.

Menjaga kesehatan tulang dan sendi sangat memengaruhi usia harapan hidup. Semakin baik kesehatan tulang dan sendi makanya angka harapan hidup juga dapat meningkat.

Banyak sekali ahli kesehatan tulang yang juga menyarankan untuk mengendalikan pola makan sehat sebagai langkah awal untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Setidaknya ada tujuh makanan yang direkomendasikan sangat baik untuk kesehatan tulang dan sendi.

Berikut ini 7 makanan untuk atasi nyeri sendi menurut Caryortho:

5 Fakta Garis-garis Putih yang Ada pada Daging Ikan SalmonFoto: iStock

1. Minyak Ikan

Ikan yang hidup di air dingin diketahui memiliki kandungan asam lemak Omega-3 pada minyaknya. Nutrisi ini menjadi nutrisi yang dinilai cukup penting untuk kesehatan manusia secara keseluruhan.

Tidak hanya untuk mengatasi inflamasi protein di dalam tubuh, tetapi nutrisi ini juga dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko sakit jantung, diabetes serta penyakit lainnya termasuk nyeri sendi. Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 ini dapat ditemukan pada ikan-ikan seperti tuna, salmon, trout, halibut dan sarden.

2. Kacang dan Biji-Bijian

Bagi para vegetarian ini akan menjadi kabar baik untuk kesehatannya. Kacang dan biji-bijian diakui sebagai bahan makanan vegetarian yang paling baik untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh inflamasi.

Hal ini berkaitan dengan kandungan Omega-3 yang juga ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Setidaknya konsumsi segenggam kacang-kacangan atau biji-bijian dinilai sudah cukup ampuh untuk membantu meringankan inflamasi pada sendi dan lapisan di antara sendi.

Baca juga: Nyeri Sendi? Konsumsi 5 Herbal Ini Bisa Kurangi Rasa Nyeri

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com