Seringlah Konsumsi 8 Makanan Ini Untuk Atasi Nyeri Sendi

Shara Azzhara - detikFood Selasa, 09 Jul 2019 14:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sakit yang kuat di persendian akan membuat tubuh tak nyaman. Untuk itu, lebih baik konsumsi makanan ini agar lebih aman.

Rasa sakit di tulang persendian bisa berupa nyeri yang kuat, panas seperti terbakar atau sakit yang tahan lama. Penyebabnya bisa berbagai hal seperti kelelahan atau faktor usia.

Rasa sakit di persendian biasanya diatasi dengan minum obat peredam rasa sakit. Tetapi untuk hasil lebih alami, sebaiknya rutin konsumsi bahan-bahan makanan yang berkhasiat mencegah nyeri sendi.

Baca juga : Nyeri Radang Sendi Bisa Diatasi dengan 7 Asupan Ini


1. Bayam
Seringlah Konsumsi 8 Makanan Ini Untuk Atasi Nyeri SendiFoto: detikFood/iStock

Sayuran hijau ini kaya akan antioksidan dan telah terbukti mampu meredakan peradangan dan rasa sakit. Kandungan yang ada dalam bayampun dapat memperlambat proses osteoarthristis. Agar tidak bosan mengonsumsi secara rutin, Anda dapat mengolah bayam menjadi beragam hidangan mulai dari salad, sayur, hingga smoothie yang lezat.


2. Ikan


Ikan yang mengandung lemak baik. Seperti salmon, tuna, dan minyak ikannya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan ini dapat dengan cepat mengurangi rasa nyeri pada sendi dan melawan peradangan. Tambahan vitamin D yang terkandung dalam ikan dan minyaknya juga akan mengurangi gejala radang sendi dan penyakit sejenisnya.


3. Kacang-kacangan

Seringlah Konsumsi 8 Makanan Ini Untuk Atasi Nyeri SendiFoto: iStock
Jenis kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi bagi penderita nyeri sendi. Terutama kacang jenis walnut, pistachio, dan almond yang mengandung nutrisi dalam jumlah banyak termasuk kalsium, magnesium, vitamin E, protein, dan alfa-linolenat. Nutrisi ini akan meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi.

Bahkan lebih spesifik lagi, kandungan asam lemak omega-3 dalam walnut akan membantu mengurangi nyeri karena osteoartritis dan rheumatoid arthritis.


4. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane yang membantu dalam meredakan nyeri sendi dan berkontribusi dalam penurunan gejala radang sendi. Teksturnya yang renyah akan menambah kelezatan salad atau tumisan Anda.

Baca juga : Atasi Radang Sendi Dengan Rutin Makan Brokoli


5. Sitrus
Seringlah Konsumsi 8 Makanan Ini Untuk Atasi Nyeri SendiFoto: iStock

Buah-buahan yang mengandung sitrus sepertii jeruk dan grapefruit mengandung kadar vitamin C yang tinggi sihingga mampu mencegah terjadinya inflamasi dan nyeri sendi. Tambahkan air jeruk pada smoothie atau dimakan secara langsung akan sangat membantu atasi nyeri sendi.


6. Gandum utuh

Penderita nyeri sendi harus menghindari makanan dengan gandum putih. Sementara, makanan yang terbuat dari gandum utuh sangat baik untuk dikonsumsi. Makanan ini meliputi pasta , oatmeal, broen rice, dan sereal, karena kandungannya terbukti dapat menurunkan kadar protein C-reaktif di dalam darah. Protein inilah yang berkaitan dengan beragam penyakit termasuk radang sendi.


7. Bawang putih

Seringlah Konsumsi 8 Makanan Ini Untuk Atasi Nyeri SendiFoto: Istimewa

Bawang putih memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi gejala dan mencegah penyakit. Selain mengandung antioksidan dan mampu menurunkan tekanan darah, bawang putih juga mengandung zat antiradang yang kuat dan dapat membantu mengurangi risiko osteoarthritis dan mengurangi rasa sakitnya.


8. Kacang merah

Kacang merah memiliki kandungan serat serta dapat menurunkan kadar protein C-reaktif seperti gandum utuh. Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari kacang merah adalah kandungan protein, asam folat, seng, magnesium, dan potasium yang dapat meningkatkan kinerja sistem imun tubuh.

Baca juga : Madu, Kerang, dan Pasta Terancam Punah Karena Suhu Global Meningkat (2)

Simak Video "Nyore Asyik dengan Croissant Keju dan Daging Enak"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)