Nyeri Radang Sendi Bisa Diatasi dengan 7 Asupan Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 27 Mar 2019 17:00 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Sendi sering sakit? Bisa jadi Anda alami nyeri arthritis. Nyeri sendi ini dapat dicegah dengan beberapa cara. Salah satunya dengan mengasup makanan dan minuman ini.

Jika Anda penderita radang sendi, pasti Anda tahu betapa sakitnya rasa nyeri tersebut. Karena radang sendi melibatkan peradangan kronis. Anda juga berisiko terkena penyakit jantung dan penyakit lain yang dipicu oleh peradangan.

Ada empat kategori penyakit nyeri artritis yaitu degeneratif (osteoartritis), inflamasi (rheumatoid arthritis), infeksi (akibat infeksi), dan metabolik (asam urat). Semua ini bisa dicegah dengan konsumsi makanan yang bersifat anti inflamasi.

Seperti yang telah dilansir oleh Health & Human Research (22/03/2019), berikut adalah makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat sedang radang sendi dan bahkan bisa mencegah radang sendi.

Baca Juga: Cegah Penyakit Radang Sendi dan Kanker dengan Rutin Konsumsi Kunyit

1. Makanan yang tinggi serat

Nyeri Radang Sendi Bisa Diatasi dengan 7 Asupan IniFoto: iStock

Serat bisa menurunkan protein C-reaktif (CRP). Protein ini adalah penanda yang digunakan oleh dokter untuk membantu mendiagnosis penyakit jantung, diabetes, dan jenis artritis tertentu. Menambahkan kandungan serat ke dalam makanan Anda merupakan hal yang sangat penting.

Tambahkan biji chia, roti gandum, oatmeal, dan kacang merah ke dalam makanan Anda. Sebagai manfaat tambahan, Anda juga mendapatkan asam folat dan beberapa elemen penting untuk kesehatan yang lebih baik.

2. Teh hijau

Nyeri Radang Sendi Bisa Diatasi dengan 7 Asupan IniFoto: shutterstock

Saat nyeri artritis dan kerusakan tulang, maka minumlah teh hijau. Teh hijau mengandung polifenol, antioksidan yang mengurangi kerusakan tulang rawan dan peradangan. Ini juga mengandung gallate, antioksidan yang menghambat produksi molekul tertentu yang memperburuk rheumatoid arthritis.

Teh hijau memiliki efek positif untuk mencegah kanker, mengurangi lemak di perut dan mengurangi depresi. Saat minum teh hijau, jangan menambahkan gula atau pemanis buatan.

3. Vitamin D dan kalsium

Nyeri Radang Sendi Bisa Diatasi dengan 7 Asupan IniFoto: Istock

Karena radang sendi adalah penyakit tulang, Anda membutuhkan banyak konsumsi makanan yyang mengandung vitamin D dan kalsium. Cara tercepat untuk mendapatkan keduanya adalah melalui produk susu. Pilih versi rendah lemak dan ganti yogurt biasa dengan greek yogurt supaya dapat berpengaruh secara optimal. Tetapi harus dipastikan Anda minum susu dengan gula dan lemak terendah.

Sumber lainnya adalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli. Sayuran ini juga memiliki manfaat lainnya yaitu, brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang memperlambat kerusakan tulang rawan. Maka makanlah sayuran ini dalam keadaan mentah, dipanggang atau dikukus.

4. Kunyit

Nyeri Radang Sendi Bisa Diatasi dengan 7 Asupan IniFoto: iStock

Kunyit tidak hanya dijadikan sebagai pewarna alami dan bumbu. Kunyit jadi bumbu yang paling banyak digunakan dalam sajian kari. Kunyit kaya akan kurkumin, antioksidan dan anti inflamasi. Kunyit memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional untuk menangkal penyakit radang.

Maka tambahkanlah kunyit dan mulailah untuk menambahkan suplemen. Suplemen adalah cara tercepat untuk mendapatkan manfaat maksimal. Tambahkan juga lada hitam untuk meningkatkan penyerapan kurkumin.

5. Makanan kaya omega 3

Nyeri Radang Sendi Bisa Diatasi dengan 7 Asupan IniFoto: iStock

Asam lemak omega 3 adalah lemak sehat. Tubuh Anda membutuhkannya, mulai dari meningkatkan penglihatan hingga meningkatkan energi dan mencegah penuaan.

Cara paling sederhana untuk mendapatkan omega-3 adalah makan ikan berlemak. Ikan yang mengandung asam lemak adalah salmon, tuna, dan ikan laut serupa lainnya.

Jika Anda tidak suka dengan ikan, biji chia, dan telur yang kaya omega-3, maka Anda bisa memakan kacang-kacangan, itu juga merupakan sumber yang bagus.

Lalu ganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak kenari.

6. Antosianin

Nyeri Radang Sendi Bisa Diatasi dengan 7 Asupan IniFoto: Istock

Antosianin adalah antioksidan yang Anda temukan pada buah dan sayuran yang berwarna merah gelap atau ungu. Antosianin juga memiliki sifat anti-inflamasi, anti-virus, dan anti-kanker. Mereka telah terbukti membantu penyakit jantung, obesitas, dan menangkal infeksi saluran kemih. Anda tidak salah apabila konsumsi buah dan sayuran yang berwarna merah gelap atau ungu.

Tidak hanya itu, tentu juga ada buah yang enak rasanya yaitu stroberi, rasberi, blueberry, anggur, dan blackberry.

7. Makanan kaya vitamin C

Nyeri Radang Sendi Bisa Diatasi dengan 7 Asupan IniFoto: iStock

Vitamin C memperlambat perkembangan osteoartritis. Dapatkan Vitamin C Anda dari jeruk, stroberi, nanas, blewah, brokoli, tomat, dan paprika. Makanlah dalam keadaan segar atau jika perlu dipanggang atau dikukus ringan.

Usahakan tidak mengonsumsi suplemen karena apabila terlalu banyak vitamin C maka akan menyebabkan batu ginjal. Vitamin C menghilangkan radikal bebas, dan mengurangi risiko radang sendi. Ini juga membantu memperbaiki tulang dan komponen kerangka lainnya.

Hindari daging olahan dan makanan lain, gula dan pemanis buatan, lemak (minyak terhidrogenasi), dan roti putih, pasta serta nasi. Pilih karbohidrat tersehat dan mulai batasi asupan. Memang butuh sedikit usaha, maka mulailah dengan perlahan.

Hilangkan satu makanan tidak sehat dan tambahkan salah satu makanan yang tercantum di atas. Setelah makanan itu sudah Anda makan dalam diet Anda, lalu bisa digantikan dengan makanan yang lain. Ini hal yang mudah dilakukan. Dan Anda akan merasa jauh lebih baik.

Baca Juga: Atasi Radang Sendi dengan Rutin Makan Brokoli (lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com