Ini 7 Zat Gizi Paling Penting untuk Turunkan Berat Badan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 06 Okt 2021 06:00 WIB
ilustrasi timbangan Foto: thinkstock

3. Asam Lemak Omega-3

Jika kamu merasa bahwa lemak sangat harus dihindarkan saat menurunkan berat badan, nyatanya ada beberapa lemak penting yang tetap dibutuhkan oleh tubuh saat program menurunkan berat badan. Salah satunya adalah asam lemak omega-3.

Tubuh tetap memerlukan lemak sehat seperti asam lemak omega-3 untuk memangkas penumpukan lemak pada perut. Asam lemak omega-3 ini bisa didapatkan secara alami melalui konsumsi ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau yang berdaun serta masih banyak lagi bahan makanan lainnya.

4. Vitamin C

Fantastis! Satu Buah Jeruk Mandarin Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di JepangFoto: iStock

Selain memangkas lemak dan meminimalisir kalori, tubuh juga butuh dikeluarkan racun-racunnya untuk membantu keberhasilan menurunkan berat badan. Vitamin C menjadi salah satu zat gizi yang sangat baik untuk membantu mengeluarkan toksin atau racun yang ada di dalam tubuh.

Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang dapat bekerja dengan baik menjadi antioksidan yang perannya sangat penting untuk mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Vitamin C ini secara alami bisa didapatkan melalui konsumsi jeruk serta buah-buahan yang rasanya cenderung asam.

5. Potasium

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan pada jurnal Nutrient menemukan bahwa meningkatkan potasium dapat membantu mengurangi Body Mass Index (BMI) atau indeks massa tubuh. Menurunkan BMI ini akan sangat baik terutama pada saat melakukan upaya menurunkan berat badan.

Potasium juga diungkapkan memiliki peran penting untuk meningkatkan metabolisme yang dapat memangkas berat badan hingga beberapa kilogram dengan lebih cepat. Potasium bisa secara alami didapatkan melalui konsumsi kacang-kacangan,flaxseed, pisang dan beberapa bahan makanan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com